Kualitas Perkataan Ruhut Sitompul

Baru-baru ini digelar diskusi yang menghadirkan tokoh dari tim sukses ketiga pasangan Capres RI. Dari JK-Win ada Fuad Bazir, dari Mega Pro ada Permadi, dan dari SBY-Boediono ada Ruhut Sitompul. Sebagaimana sudah sering terlihat di media-media massa, ketiga tim sukses ini memang sangat kritis dalam membela calon masing-masing. Tetapi semua pihak tahu, bahwa pasangan SBY-Boediono dianggap sebagai “musuh bersama” oleh kedua tim lainnya.

Namun tidak menyangka jika kemudian keluar pernyataan-pernyataan yang sangat provokatif dari seorang Ruhut Sitompul. Pernyataan dia menanggapi kritik-kritik pedas yang dicecarkan Fuad Bawazir kepada Pemerintahan SBY selama ini. Intinya, SBY dianggap neolib dan pro kepentingan asing.

Lalu Ruhut Sitompul melontarkan caci-maki yang sangat tidak beretika. Dia menuduh orang Arab seperti Fuad Bawazir itu tidak ada kontribusinya bagi Indonesia. Kata dia, justru Amerika dan lain-lain itu yang selama ini terus membantu Indonesia. Lebih arogan lagi, Ruhut menyebut orang Batak pintar-pintar, tapi tidak punya jalur ke Cendana. (Seolah dia mengatakan, orang Arab seperti Fuad Bawazir bisa membangun jalur ke Cendana, sehingga kemudian eksis).

Diskusi Tim Sukses Presiden (foto nasional.kompas.com).

Diskusi Tim Sukses Presiden (foto nasional.kompas.com).

Tuduhan Ruhut Sitompul ditanggapi sangat keras oleh Permadi, meskipun konteksnya lain. Permadi ganti menyerang SBY yang dianggap ikut tanggung-jawab dalam soal Kerusuhan 27 Juli 1996 di depan Kantor DPP PDI, juga dalam kerusuhan Ambon-Poso.

SANGAT BERBAHAYA

Terlepas dari siapa yang mengatakannya, pernyataan Ruhut Sitompul sangat berbahaya. Ia sangat bertolak-belakang dengan semangat PERSATUAN NASIONAL. Ruhut pasti tahu bahwa keutuhan NKRI itu dijaga dengan amat susah, susah payah, berkuang peluh dan darah. Mengapa? Sebab bangsa Indonesia memang sangat komplek dan multi kultural. Kalau seseorang masuk ke perselisihan etnis, akibatnya bisa sangat membahayakan negara.

Masih basah dalam ingatan kita bagaimana kerusuhan etnis berkali-kali terjadi di Indonesia. Kerusuhan Ambon, Maluku Utara, Poso, Aceh, Kupang NTT, Papua, Sambas, Sampit, dan lainnya. Semuanya bercorak kerusahan etnis yang membahayakan keutuhan negara.

Nah, sekarang Ruhut Sitompul seperti menyiramkan bensin ke bara api. Pernyataan dia yang menyerang komunitas Arab, lalu melebih-lebihkan komunitas Batak, jelas bisa membuat masyarakat terlibat dalam konflik berat. Nanti, kalangan Arab akan membalas ucapan Ruhut, lalu mereka mengecam kaum Batak. Lalu masing-masing pihak akan memanggil kawan-kawannya dari etnik lain untuk membantu. Jika demikian, maka hancurlah Indonesia ini. Sudah payah NKRI dijaga, ia bisa hancur lebur akibat pernyataan beracun Si Ruhut Sitompul ini.

Sebaiknya, para pemimpin politik, lembaga-lembaga resmi, serta organisasi-organisasi kemasyarakatan menuntut Ruhut Sitompul atas pernyataannya yang sangat PROVOKATIF itu. Pernyataan dia bukan saja ditujukan untuk menyerang pihak lain, tetapi bisa menghancurkan keutuhan NKRI. Alangkah baik, kalau ormas-ormas Islam menuntut mulut Si Ruhut Sitompul ini. Bukan menuntut SBY atau komunitas Batak, tetapi menuntut kelancangan mulut orang satu ini. Pernyataan dia seakan ingin menghancurkan negara melalui isu konflik etnis.

SIKAP RASIONAL

Sebaiknya, Ummat Islam jangan terprovokasi pernyataan Ruhut lalu melakukan serangan-serangan pernyataan ke kalangan komunitas Batak. Jangan lakukan itu, tetapi cukup tuntut pada diri Ruhut Sitompul-nya. Sebab, kalau kita melayani ucapan berbisa maniak satu ini, berarti kita akan terlibat dalam konflik etnis yang sangat merugikan.

Tentang peranan Arab, Batak, Jawa, dan lainnya, hal itu tidak perlu dibesar-besarkan, apalagi dalam suasana perselisihan. Secara manusiawi, semua pihak memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan hal itu sudah dimaklumi sejak dulu, sehingga di negara kita meskipun multi etnik, alhamdulillah tetap bersatu dalam konteks NKRI.

Sebagai contoh, orang Jawa dianggap memiliki kelemahan dari sisi ketidak-tegasan sikapnya, terlalu sopan, kadang tidak mau menyinggung perasaan orang lain. Lalu orang Batak disebut-sebut sebagai komunitas yang egaliter, berterus-terang, bisa bersikap apa adanya. Begitu pula, orang Arab. Sebagian mereka tampak keras dalam memegang prinsip, tetapi sebagian lain bersikap lembut dan ramah. Nah, hal-hal demikian merupakan keunikan tabiat bangsa Indonesia yang memang multi kultural.

Seharusnya, siapapun jangan masuk ke isu-isu yang bisa membenturkan etnis yang satu dengan lainnya. Apa tidak cukup terjadi tragedi-tragedi menyesakkan dada seperti di Ambon, Maluku, Poso, Sambas, Sampit dan lain-lain itu? Sudahlah cukup sampai disana, jangan diperlebar lagi.

Sangat disarankan agar pihak TNI angkat bicara. Bukan dalam substansi politik, tetapi mengingatkan agar kompetisi politik tidak membawa ke arah perpecahan bangsa. Sekali lagi, harus ada sikap resmi dari negara atas pernyataan sarkastik itu. Jika dibiarkan, ia akan terus membesar, lalu menjadi potensi kehancuran bagi bangsa ini ke depan. Ruhut Sitompul telah masuk ke topik yang sangat sensitif bagi bangsa Indonesia.

Semoga Allah Ta’ala senantiasa menjaga bangsa Indonesia berada dalam kesatuan, kebersamaan, serta gotong-royong dalam membangun kemaslahatan dan menepiskan kemungkaran. Allahumma amin.

Bandung, 29 Mei 2009.

Waskito.

Iklan

67 Responses to Kualitas Perkataan Ruhut Sitompul

  1. aRuL berkata:

    parah betul ruhut…

  2. omiyan berkata:

    inilah jika orang berbicara tanpa konteks yang jelas, benar juga kata orang tua dulu jangan suka eprcaya kepada orang yang pintar ngomong alias berbusa padahal ilmunya kosong alias kebanyakan bohong

    saya sendiri emang ga suka ama RS ini, dari caranya ngomong bukan cerminan buat seorang pemimpin atau wakil rakyat…..

  3. joyo berkata:

    memang begitu tabiat si poltak kutu loncat. selain selalu mendekat ke penguasa, omongannya juga asal bunyi saja, biar “kelihatan” membela demokrat, biar kelihatan berjasa, gitu kali pikirnya. Ya….setipe dengan andi dan rizal malarangeng.

  4. Nacha berkata:

    kita hidup di dunia hanya sesaat ada keadilan dari Tuhan setelah kehidupan yang fana ini. Hai Ruhut janganlah kau sombong dengan kepintaranmu itu, suatu saat jika Tuhan berkehendak mengambil kepintaran mu itu baik dengan (kena Struk, Sakit Jantung, Kecelakaan yang menimbulkan cacat, dll)..sungguh di luar kendala manusia…Bertaubatlah kau Ruhut…

  5. BEN LERES berkata:

    si ruhut kelewat nafsu cari muka sama sby, sampai lupa diri, tapi ngak heran sih, anjing saja dimakan, ya begitulah kalau
    ” cari muka resikonya bisa kehilangan muka ”
    tapi ada hikmahnya jadi wajah asli partai demokrat semakin jelas dan terbuka.
    biasanya kesombongan selalu jadi tanda – tanda kejatuhan.

  6. Mashudi berkata:

    Memang sudah sifat manusia pengen kaya dan terkenal. Salah satu caranya adalah dengan menempel ke kekuasaan.

  7. Sumargono berkata:

    Saya curiga jangan2 si RS ini sengaja disusupkan pihak lain ke kubu SBY buat ngegembosi kekuatan SBY. Ber-hati2lah Pak SBY.

  8. udin berkata:

    kualitas seseorang bisa dilihat dari cara bicaranya. ucapan ruhut itu menandakan kalo dia adalah seorang preman yg ga layak jd pemimpin

  9. Sinyo berkata:

    Tobatlah kau ruhut,…..malu-maluin bangsa Batak saja.

  10. Abraracourcix Si Celeng Mas berkata:

    Aku sama SBY itu sebenarnya gpp, tapi sama orang di sekelilingnya macam Boediono, RS ini, Rizal Malarangeng, Syaiful Muzani, Muhaimin Iskandar, aku sebel banget sama mereka. Jadinya aku kepengaruh sebel deh sama SBY. Utamanya sama RS dan RM yang sering melontarkan pernyataan yang menjelek-jelekkan orang per orang atau kesukuan. Kalau kedesek debat jangan ngeluarin tabiat rasis dong, kalau gitu mah semua orang juga bisa, tapi orang2 lain selain yang dua orang ini mah masih waras.

    Aku jadi ngebayangin sosok SBY sekarang ini seperti Bapak-bapak yang lamban, soalnya untuk soal-soal sepele gini pasti rapat dulu deh. Kan sebenarnya lebih cepat dikeluarkan kedua orang ini dari Tim Sukses, lebih baik, karena sesuai dengan hati nurani…

  11. pakulakang berkata:

    Orang TIDAK Bijak kok jadi TIM SUKSES emange demokrat kekurangan personal yang berbobot, adanya personal yang ASBUN?
    Perlu di recall orang macem RS itu, orang tak berprinsip, hanya kutu loncat cari makan, dimana yang menang disitu ditempel. MORALE perlu diragukan….

  12. poltak berkata:

    memang rs itu bunglon kalau SBY gak hati-hati bisa-bisa dukungannya akan beralih ke pasangan capres lain gara-gara mulut rs, seolah-olah rs adalah orang yang paling pinter. saran saya rs jangan di jadikan juru kampanye tapi di belakang layar saja sambil teriak-teriak : aku raja ngibul..

  13. randy berkata:

    emang tuh orang satu,omongannya sangat berbisa.
    gue yakin suara ke SBY akan turun pada pemili pilpres nanti. Mulutmu Harimaumu Kawan…..

  14. ning nong berkata:

    begitulah dengki kesumat orang kapir. pantaskah partai dakwah berkoalisi dengan manusia2 macam ini?!

  15. apn2025 berkata:

    meng-generalisir sebuah kelompok etnis dengan perilaku tertentu adalah sikap yang tidak rasional.

  16. sakainget berkata:

    smoga tidak hanya kita yg suka blogwalking dan nemu tulisan seperti ini. smoga para elit politik juga sering blogwalking 😀
    kunjungan dinas rutin dari – sakainget

  17. ibnsyihab berkata:

    Heran SBY mempercayakan Komunikator Politik dengan dengan orang orang seperti ruhut ini.Sangat berbahaya pernyataan seperti itu, tanpa diiringi fakta yang benar. Dia harus segera meminta maaf kepada bangsa ini

  18. bedjo berkata:

    tp kl bicara fakta, bner koq. dibandingkan dengan USA dengan Arab, USA lbh banyak ber kontribusi bwt indo. kl arab, kontribusi na apa kk? bisa di bandingkan dengan kontribusi dr USA? o.O?

  19. Hilma berkata:

    Ruhut sangat tidak layak berada dijajaran elit politik bangsa ini, berpolitik adalah bukan untuk saling menyakiti, jelas pernyataan yang dia katakan sungguh sangat tidak beradab dan tidak beretika, tipikal orang yang mau menang sendiri tanpa memikirkan perasaan orang lain. dasar sikutu loncat, !!

  20. hadi iksanudin berkata:

    dari awal org2 di demokrat mmg ga simpatik. Mereka hanya mementingkan kepentingan sesaat, tukang kutu loncat. dewan pembinanya jg ga becus mengurus bangsa. Kalo ada keberhasilan mereka mengklaim seolah2 cuma hasil kerja sendiri, giliran ada kegagalan karena pengaruh Global. Apakah tipe pemimpn sperti ini yg bakal kita pilih???

  21. oi sarafals berkata:

    Yah,, namanya juga Ruhut Sitompul, pasti dia bagus-bagusin orang Batak, coba kalo Ruhut SiTompel, Pasti bagus2in orang betawi 😀

    Tapi kita ga usah terprovokasi lah, cukup ditanggapi dengan senyuman aja, nanti juga dia malu sendiri..

    Admin, salam kenal ya.. mampir2 ke http://mynewland.co.nr klo ada waktu senggang.

  22. abisyakir berkata:

    @ All.

    Luar biasa, alhamdulillah. Tulisan soal Ruhut Sitompul menyedot perhatian luar biasa. Dalam statistik yang saya lihat, setidaknya tulisan ini dibaca sebanyak 980 kali. Dan kunjungan total per hari melonjak sampai 922 hit pada hari kemarin. Ini rekor tertinggi untuk sementara di blog abisyakir. (Ini buka kartu nih…).

    Tulisan soal Ruhut Sitompul itu akhirnya bisa melesat mendahului artikel “jawara” selama ini yaitu “Akar Konflik Palestina Israel”. Dari sisi komentar juga paling meriah. Masya Allah, semua ini atas kehendak Allah semata.

    Jazakumullah khair kepada saudara-saudara Muslim yang telah menyempatkan waktunya singgah ke tempat ini. Sekali jazakumullah khair.

    AMW.

  23. inprogres berkata:

    emang orang ini, bukan main

  24. safril berkata:

    Setuju mas.
    Ruhut Sitompul itu memang bicara seenaknya saja tanpa mau memperhatikan faktor keutuhan negara Indonesia. Dia tidak mempedulikan lagi Pancasila, baik persatuan dan kesatuannya. Kalaupun ada orang yang keberatan dan marah gara-gara ucapan dia, jangan salahkan Bpk SBY atau orang-orang Batak, tapi salahkan si Ruhut Sitompul ini!

  25. syukriy berkata:

    sebagai orang Batak, Ruhut bicara blak-blakan. apa yang ada di dalam benaknya, itu pula yang keluar.
    namun, kali ini dia memang kebablasan. hal ini bisa menjadi blunder bagi SBY-Boediono yang sudah terlalu percaya diri sejak awal. tim kampanye SBY-B harus hati2 karena banyak kutu loncat yang masuk ke PD. memprovokasi umat Islam sama saja bunuh diri, apalagi istri presiden tidak berjilbab… bah!

  26. rifky berkata:

    tadinya gue mau pilih SBY For RI 1, tapi kalau begini cara si ruhut wah pikir seribu kali dahhhh.
    Karena Partai demokrat punyanya orang BATAK saja bukan aset bangsa ini,,,
    Jadi takut pilih SBY, hiiiiiiii

  27. sehatbugar berkata:

    Yah semoga NKRI tetap langgeng…

    Tips mempercantik Blog:

    http://panduan-blogger-mania.blogspot.com
    http://secretbloggertips.blogspot.com

    NB: Maap suraap, info diedit. Gak apa-apa ya.

  28. tiyo berkata:

    tong kosong nyaring bunyinya…..

    begitulah si “RS”…..

  29. Keturunan Arab WNI berkata:

    Menurut sejarah yang saya kutip dari dokumen Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

    “Delegasi resmi RI untuk mendapatkan pengakuan dunia sejak proklamasi Kemerdekaan diketuai oleh H.A. Salim, Wakil Menteri Luar Negeri. Kunjungan ini menghasilkan perjanjian persahabatan RI dan Mesir (Juni, 1947). Bagi RI perjanjian ini adalah suatu dukungan moral yang tinggi, karena dengan perjanjian ini kehadiran RI diakui secara resmi dalam pergaulan internasional. Mesir akan selalu dikenang sebagai negara yang pertama kali mengakui kedaulatan RI. Setelah itu menyusul perjanjian persahabatan dengan Suriah (3 Juli 1947) dan Lebanon (9 Juli 1947) serta Irak.”

    Jadi negara-negara yang paling awal mengakui kemerdekaan, kedaulatan dan juga mendukung Republik Indonesia adalah negara-negara Arab. Belum lagi dukungan moril & materil warga keturunan arab di Indonesia. Pernyataan Ruhut hanya ocehan orang yang tidak tahu atau sengaja memelintirkan sejarah. Tidak lupa pesan untuk keturunan arab lainnya, Insha Allah, kita jangan sampai terprovokasi kemudian balik mencaci-maki suku Batak karena ulah orang bodoh seperti Ruhut. Saya ngga akan milih SBY selama orang arogan & rasis seperti Ruhut masih dipercaya oleh SBY.

  30. Runcing Sadewa berkata:

    yah, begitulah kalau seorang penasehat tapi ga tahu syari’at. dan jelas, tentu saja hukum buatan manusia dengan mudah di injak-injak

  31. apatis berkata:

    ruhut kebanyakan makan anjing dan babi….

  32. frans berkata:

    rohut kalau mo jadi preman di pasar aja..jangan jd tim sukses ya…..semoga dia di tunjukkan jalan yang benar

  33. frans berkata:

    Ingat Rohut!!! jangan mencari perpecahan aja….marilah kita bersatu..apapun partainya..kan Bangsa Indonesia juga…emang kamu orang mana Rohut???????

  34. berton berkata:

    Setuju dengan Ruhut S. Memang semua tau dan itulah kenyataannya yang ada dan dialami bangsa kita jadi saya melihat Ruhut berani berucap dan memang dia seorang Pemberani bukan seperti orang lain yang ABS dan membawa isu agama jadi bahan politik, dan saya melihat bukan masalah SBY dan saya yakin juga SBY akan kalah bukan karena ruhut tapi karena salah pilih wakil.

  35. weby berkata:

    Ruhut-Ruhut kau emang pengacara domplengan tong kosong nyaring bunyinya, duri dalam daging partai Demokrat tapi pak SBY ngga usah kuatir ada Tuhan yang berkuasa, the truth will set you free pak SBY. Semoga bapak dipilih oleh Sang Gusti Pangeran

  36. bdpt berkata:

    moga aja pak ruhut membacanya….

  37. situmpul berkata:

    Ternyata orang batak yang satu ini (salah satu) adalah orang yang tidak berbudaya dan beretika (dang maradat)dan sedangnya mengobok obok aja kaya’ bangsa yahudi.
    Ruhut… apa anda prustasi untuk membentuk provinsi kristen (protap) masih terganjal, aq sangat menyalhkan anda bila nantinya SBY Berboedi gagal jadi presiden, andalah yang pasti penyebabnya.
    Jajaran PD seharusnya mulai sekarang pembinaan deh terhadap etika berbicara kepada para kader dan pengurus partai.

  38. panji berkata:

    bagi saya di indonesia ini tidak ada lagi istilah-istilah arab/batak,sepanjang kita semua tercatat sebagai warga negara RI dlm data kependudukan, maka kita adalah orang indonesia…
    sangat disesalkan sekali pernyataan bapak ruhut yang saya hormati.
    Sebaiknya anda segera mengundurkan diri dari kepengurusan partai demokrat dan juga tim sukses SBY-Boediono, atau biarkan akan ada kejutan berupa pengunduran diri massal dan pencabutan dukungan kami terhadap PD dan juga SBY-Boediono.
    Kepada bapak SBY,saya mohon pak ditinjau kinerja jajaran pendukung bapak.Jujur dibawah sini banyak pendukung bapak yang mulai menarik langkah meninggalkan dukungan buat bpk pada pilpres juli besok.

  39. M.Najib berkata:

    Saya menghimbau umat muslim untuk melihat kedepan dalam pemilihan capres&cawapres agar teliti jangan sampai salah pilih kita wajib melihat siapa yg ada dibelakangnya jangan kita memilih partai yg ada anak ex pki, baca buku sintong panjaitan, bj habibi.jangan pula kita memilih cawapres yg tdk becus mengucapkan salam,jangan pula kita memilih tim sukses yang tolol, sering makan anjing, babi masa baru menghadapi fuad bawazir saja udah kalap goblogggg khan????hidup fuad bawazier anda sukses membuka mata kita semua semoga Allah SWT melindungi anda dan kita semua.Amin

  40. oncom berkata:

    itulah karakter org XXXXX… selalu merasa habat dan berani tp omong doank, mentalnya tempe. tapi maklumlah mereka kan org2 terbelakang yg gak punya pengaruh utk bangsa ini, wakakak.

    Note: Maaf, jangan menjurus dong. Nanti tengkar antar kelompok, deh.

  41. bp1n berkata:

    Ruhut sitompul itu benar, orang arab itu kan jarang bantu kita dan TKI yang dikirim kesna hanya jadi budak sex dan tidak di gaji dan di siksa. jadi semua yang komplin disini jangan bawa hati anda karena anda muslim tapi lihat dong realitanya, kalau masalah SBY kalah itu bukan karena ruhut, tapi memang karena SBY tidak jujur dan selalu manis bicara

  42. proarab berkata:

    ruhut xxxx xxxxxx………………….

    Note: Hei @ proarab, Anda jangan bikin masalah disini ya!!! Sudah diingatkan, tapi masih provokatif.

  43. dan di berkata:

    tim sukses sby sudah merasa menang, jadi gak merasa perlu menambah wawasan. Diajak debat, malah OOT menjurus SARA.

    —–
    Membangun kepercayaan dari awal itu susah, menjaganya lebih susah
    ——
    sejarah, megawati ketika naik pamor juga tidak bisa mengontrol anggota-anggotanya, so meski menang pileg, harus menelan pil pahit kalah pilpres.

  44. Shika berkata:

    Politik itu susah…makanya knapa ilmu sosial dan politik punya satu jurusan sendiri. Politik bukan cuma sebuah ilmu tapi juga seni.dimana pribadi yang ada didalamnya harus pintar dan dewasa.

    sekarang ini entah karena harta atau kekuasaan banyak orang seperti berlomba2 turun ke politik mulai dari artis sampe pengusaha.padahal ilmu berpolitik mereka cetek. mereka sering tidak mengerti bahasa dan perilaku politik. akhirnya, pada saat ditekan mereka tidak bisa menahan diri dan mengeluarkan kalimat atau perilaku yang tidak semestinya.

  45. Pelangi berkata:

    Jangan seperti barbarian yang beda2kan ras. RS bikin malu ras batak aja. Kalau tidak mau cilaka SBY harus filter ulang jurkam2nya. Kalo ras keturunan arab se-indonesia mengalihkan dukungannya ke capres lain pan telek juga… Apalagi kalo sampe ngajak tetangga2nya… Hihihi… Ilfil ah!

  46. Masfufatun ulfa berkata:

    Ga bela fuad b or ruhut s!..keduanya pada ga bener tingkah lakunya…kasian pak sby dpt pembantu yg malu2in…

  47. faldy berkata:

    ruhut kau politikus kmaren sore,tapi tingkahnya lo kaya preman pasar yg tidak mendidik,mulut lo hanya pembodohan & penyesatan publik,lo ky ga punya agama,rakyat sdh tau smua tingkah lo,lo penjilat haram,smoga lo masuk neraka tujuh turunan yg makan uang haram,atasnya santun tp bawahanya bobrok tidak profesianal semua,maunya menjilat & jadi benalu haram,dasar neolib kbanyakan dikte lo smua,makan duit haram smua,pembunuh rakyat semua,rakyat kepengen maju sejahtera,lo malah gak becus punya otak

  48. hari berkata:

    ruhut kau politikus kmaren sore,tapi tingkahnya lo kaya preman pasar yg tidak mendidik,mulut lo hanya pembodohan & penyesatan publik,lo ky ga punya agama,rakyat sdh tau smua tingkah lo,lo penjilat haram,smoga lo masuk neraka tujuh turunan yg makan uang haram,atasnya santun tp bawahanya bobrok tidak profesianal semua,maunya menjilat & jadi benalu haram,dasar neolib kbanyakan dikte lo smua,makan duit haram smua,pembunuh rakyat semua

  49. kuro chan berkata:

    politik itu kejam
    tidak mengenal kawan atau lawan
    yang penting keuntungan
    duit itu nomor satu
    banyak kemunafikan
    penuh kebohongan
    cewek jadi jadian
    ditaksir di daerah sekitar puncak
    itulah hiburan bagi para politikus…

    berani coba , ooke

  50. […] orang Arab seperti Fuad Bawazir bisa membangun jalur ke Cendana, sehingga kemudian eksis). Sumber : Klik Disini […]

  51. RM_Sapta_Marga-Alhusaini(tuban)bin sastroastro berkata:

    inilah yang saya sayngkan ujung-ujung kekafiran global, indonesia semakin kafir makanya kalau dikatakan kiamat 2012 mereka tidak percaya ini salah satu pernyataan yang sudah menjurus pengkafiran global indonesia hati-hati, karena sesungguhnya azab menati kita, kalau saya tidak heran wong ruhut bukan orang eksak, dia orang hukum, kalau eksak kayak amrozi wah itu hebat mas ruhut, karena salah menyambung kabel nyawa ente meledak, kalau hukum ya itu tadi, yang bikin indonesia terpuruk ya paman samiri (paman sam) pamanya ruhut itu, dengan riba meriba, rentenir, dunia, dengan dalih agama, sesama, kemanusiaan, padahal nabinya aja digantung di kayu salib karena kebiadabannya nenek moyang nya,setiap kali indonesia akan melunasi hutang pasti orang kafir sedunia menaikan dolar, iya nggak ? nggak usah omong kosong deh bosan saya melihat tingkah pola nada itu, rusia, dan unisoviet jepang, masih lebih baik dan lebih bagus imanya dan ahlak-nya daripada amerika, mulai dari rezim suharto indonesia sudah mulai ngutang kepada rentenir paman samiri, iya kah ruhut, anda lahir ton berapa saya curiga anda nggak pernah baca sejarah bangsamu sendiri, indonesia, selama 32 tahun, indonesia menjadi anak asuh pama samiri, hiiiiii, seremmmmmm, tur uangnya cuma dipake untuk orang atas, nyatanya saya membangunrumah ditanah yang saya beli sendiri masih kena pajak ? aku iki wong jowo asli tuban mas ruhut, apa itu benar ? terus beli motor mesti bayar pajak tiap tahunya apa benar ? Why ? mengapa mesti begini ? cukup anda tahu ruhut, apabila rentenir telah bertebaran dimuka bumi ini maka tunggulah azab ku karena itu tanda-tanda kiamat besar 2012. pemimpin menlalaikan amanah, itu juga tanda tanda kiamat besar, wanita lebih banya dari laki-laki, jika polisi, kejaksanan mencari makan dengan menjual kebohongan dan kemunafikan dengan tidak memikirkan yang hak, apa itu betul ? makanya muncul istilah cicak dan buaya karena sesungguhnya anda mendebati yang anda sendiri nggak tahu kebenaran atau kesalahan, jadi pada dasarnya mereka itu bagaikan umat isa yang mendebati hal-hal yang merkea tidak ketahui, tapi sok tahu, makanya nabinya dibantung di kayu salib, OK yang demikian ini tidak bisa diambil hikmah dan pelajaran kecuali orang yang mempunyai akal dan mata hati bukan orang pinter, karena pinter belum tentu berakal, berakal sudah pasti pinter.

  52. dewa shanne berkata:

    Tonk kosong cari duit……

  53. Nanda berkata:

    Ah artikelnya aneh. Bilang “MUSLIM” seakan2 semua muslim belain orang arab. Udah gitu artikelnya negarais dan bangsais. Membeda2kan negara dan bangsa. Padahal semua bangsa sama. Napa sih ributin negara. Mending bumi dong. Jaga kesatuan dan persatuan bumi. Hapus sistem kenegaraan dan nasionalisme yg memecah semangat kebumian dan universalisme.

    Ngomong ras gak boleh. Loe sendiri pakai ngomong negara. Ngomong bumi dong. Oke?

  54. black berkata:

    saya dukung RS, karena dia orangnya apa adanya, gak suka neko-neko, tapi kenyataan yang ada memang seperti itu,
    terus bang RS

  55. alfin febryan berkata:

    RUHUT = PENJILAT

  56. iben berkata:

    ruhut sitompul adalah hasil dari sebuah infiltrasi pendidikan sekuler yang diadopsi bulat-bulat oleh sistem pendidikan kita , ya seperti inilah hasilnya

    mari bersatu menghancurkan sistem kafir sekuler di negeri ini sahabat…..

  57. afrizal berkata:

    bang ruhut,saya penggemarmu, bang kalau ngomong jangan tinggalkan etika

  58. syailendra arif miharja berkata:

    saya rasa pak ruhut itu kebanyakan ondo(omong doang)sangat menyedih kan seorang pengacara kondang yg cuma bisa memprovokasi orang di sidang kasus angket century.ada apa pak?????apakah partai bapak ikut terlibat?????knp???????

  59. iwan berkata:

    saya bersyukur tahun kemarin nggak dukung PD, jadi nggak merasa berdosa tuhh…. pak RS tobat aja dari pada kena E=M.C 2 (hukum alam) hihi….

  60. elang berkata:

    penjilat itu harus di-sikat bersama-sama ky ruhut s, andi malarangeng, rizal malarangeng dan yang setipe dengannya. orang2 spt ini merusak NKRI dan harus dibumihanguskan!

  61. bukan peramal berkata:

    ruhut sitompul, nu botak kudu di dempul!

  62. Siangin-angin berkata:

    Hidup Batak! Apapun yang terjadi hidup Batak! Itulah jiwa orang Batak : ngomong apa adanya meski memang keras. Kalau tidak merasa salah, kenapa harus tersinggung? Daripada diam-diam tetapi mendendam? Oya satu hal lagi ya: ngomong2 yang nyiksa TKI di Arab bukan ya? Jadi tolonglah jangan dibodohin orang Arab lagi hanya karena agamnya sama! Indonesia bubar aja: Jawa jadi Jawa, Sumatera jadi Sumatera, Irian Jaya jadi Irian Jaya dah…males ikutin Jawa muluuuu…

  63. abisyakir berkata:

    @ Siangin-angin…

    Lho, yang pertama bersikap rasialis itu siapa, wahai Bodoh? Kan justru si Ruhut itu pemicunya. Iya kan… Lho, kok kamu jadi membalikkan tuduhan ke orang lain?

    Masalah TKW di Saudi atau Arab, oke ayo kita bicara secara adil, wahai manusia bodoh:

    == Ada berapa ratus ribu jumlah TKW di Arab, dan ada berapa puluh orang yang mengalami kekerasan? Ada tidak 1 % TKW yang di Arab mengalami kekerasan? Tidak ada sampai 1 %. Sangat kecil dibandingkan jumlah mereka secara keseluruhan.

    == Terus kalau terjadi kekerasan terhadap TKW, apa Ummat Islam di Indonesia diam saja, wahai bodoh? Sejak lama sebagian Ummat Islam menuntut supaya pengiriman TKW ke luar negeri dihentikan saja. Tetapi Pemerintah negeri ini tak tahu malu, terus saja mereka mengirim babu-babu ke luar negeri, karena dianggap sebagai “pahlawan devisa”.

    == Terus satu lagi, wahai bodoh, mengapa TKW-TKW itu tidak disuruh saja cari kerja ke kampung kamu? Kenapa harus ke Arab sono? Kalau di kampung kamu ada kerjaan, mengapa tidak kamu ambil saja TKW-TKW itu biar cari kerja di kampung kamu?

    Ini orang hati dan akalnya sudah rusak, maka dia tak bisa berpikir lazimnya manusia yang wajar.

    AMW.

  64. […] 2. Provokasi Berbahaya Ruhut Sitompul […]

  65. […] 2. Provokasi Berbahaya Ruhut Sitompul […]

  66. anak bumi berkata:

    saya orang yang teramat sangat mendukun bang ruhut sitompul, saya mendukung bang ruhut sitompul untuk lekas MAMPUS!

  67. maz berkata:

    ruhut sitompul merasa orang batak itu pintar pintar, padahal si ruhut ini cuma kacung dan penjilat orang jawa (sby)…dasar ruhut TOLxx..hahahahaha..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: