Kapitalisasi Tanah Suci ???

Ikhwan-akhwat rahimakumullah…

Mungkin Anda sudah mendengar tentang proyek besar yang sedang digarap di Makkah saat ini. Ia adalah rencana perluasan Masjidil Haram. Proyek ini sangat besar, penuh ambisi. Aroma KAPITALISME sangat kuat. Untuk memahaminya, mari kita lihat beberapa gambar di bawah ini.

GAMBAR I

Gambar Masjidil Haram terlihat dari atas.

Gambar Masjidil Haram terlihat dari atas.

GAMBAR II

Istana Raja bersaing dengan Masjidil Haram.

Istana Raja bersaing dengan Masjidil Haram.

GAMBAR III

Proyek ambisius perluasan Masjidil Haram.

Proyek ambisius perluasan Masjidil Haram.

(Salah satu referensi bisa dilihat di link ini: http://jabal-uhud.blogspot.com/2008/08/gambar-proyek-perluasan-masjidil-haram.html).

Apa yang disetujui Raja Saudi saat ini sangat berbeda dengan agenda perluasan Masjidil Haram seperti yang pernah dilakukan oleh mendiang Raja Fahd dulu. Dalam proyek kali ini, perluasannya sangat fantastik. Dan perhatikan dengan baik, yang diperluas bukan semata fasilitas masjid, tetapi fasilitas hotel-hotel di sekitarnya. Ada puluhan hotel-hotel pencakar langit yang berdiri di sekitar kawasan Masjidil Haram.

Demi Allah, ini adalah proyek ambisius yang layak diperingatkan. Seharusnya, di Makkah itu cukuplah Masjidil Haram saja yang menjadi bangunan situs Islami yang paling dominan. Tidak perlu dimunculkan bangunan puluhan hotel-hotel pencakar langit itu. Nanti, kaum Muslimin akan datang ke Tanah Suci bukan dalam niat ibadah seperti yang diajarkan oleh Ibrahim As dan Nabi Saw. Mereka akan datang ke Makkah untuk pelesir, wisata, having funs, bahkan -na’udzubillah min dzalik- mencari kesenangan syahwat seperti di hotel-hotel itu. Tujuan manasik Ibrahim As seperti yang kita kenal selama ini, bisa bergeser ke urusan senang-senang duniawi.

Sebuah agenda kapitalisasi Tanah Suci ??? Entahlah, hanya Allah yang Maha Tahu niat di hati hamba-hamba-Nya. Sebagai kekhawatiran seorang Muslim terhadap nasib situs-situs Islam dan manasik peninggalan Ibrahim As., adalah sah dan wajar belaka. Silakan, mari kita mulai lihat proyek perluasan Masjidil Haram ini dengan mata, telinga, hati, dan keimanan seorang Muslim. Bukan dengan “madzhab fanatik” yang nihil kecemburuan terhadap syiar-syiar Allah di muka bumi.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, walillahil hamd.

AM. Waskito.

Iklan

2 Responses to Kapitalisasi Tanah Suci ???

  1. maddkemal berkata:

    sayapun tak habis mengerti apa maksud modernisasi kompleks Masjidil Haram tapi apapun yang terjadi wajiblah umat muslim hanya memohon pertolongna Allah ..

  2. nanangrusmana berkata:

    banyak nilai bisnis yang dilihat raja arab atas Tanah Suci Makah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: