Rakyat Tidak Percaya Pemerintah!

Ada tulisan menarik di headline koran Pikiran Rakyat, edisi Sabtu, 9 Oktober 2010. Judul tulisan, “Kepercayaan Masyarakat Mulai Hilang.” Disana dimuat beberapa pernyataan kritis dari mantan Wakil Presiden RI periode 2004-2009, Jusuf Kalla.

Pernyataan JK (sumber foto: detiknews.com)

Singkat cerita, hari Jumat kemarin, 8 Oktober 2010, beberapa toloh nasional mengadakan pertemuan di kantor PP Muhammadiyah, membahas masalah-masalah aktual bangsa. Hadir dalam pertemuan itu: Prof. Din Syamsuddin (Ketua PP Muhammadiyah), Jusuf Kalla, Sutiyoso (mantan Gubernur DKI), Taufiq Kiemas (Ketua MPR), Soetrisno Bachir (mantan Ketua Umum PAN), dan Mahfud MD (Ketua MK). Mereka hadir dalam acara bertajuk, “Silaturahmi Tokoh Nasional”, yang berlangsung di Kantor PP Muhammadiyah, Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Disini akan dikutip pernyataan-pernyataan Jusuf Kalla, antara lain:

JK mengatakan, bahwa saat ini masyarakat mulai kehilangan kepercayaan kepada Pemerintah. Hal itu disebabkan oleh kesenjangan hidup yang cukup tinggi. Padahal kepercayaan masyarakat itu sangat diperlukan bagi terjaminnya kehidupan bernegara. Menurut JK, ketidak-percayaan masyarakat itu bisa berujung pada kekacauan dan kejatuhan rezim yang sedang berkuasa.

“Saya melihat, ada disparitas (kesenjangan sosial) kehidupan yang cukup tinggi di negeri ini. Saya melihat, masyarakat mulai kehilangan trust (kepercayaan) kepada Pemerintah. Kita tahu di Thailand setelah rezim Thaksin, masyarakat disana mulai goyah, banyak terjadi kekacauan. Jatuhnya Thaksin karena masyarakat sudah mulai tidak percaya,” kata Jusuf Kalla.

Menurut JK, di negara manapun, kalau Pemerintahnya sudah kehilangan wibawa, masyarakatnya menjadi bebas dan tidak terkendali. “Saat ini terjadi hukum rimba, dimana tindakan kriminal yang dilakukan bersama-sama dianggap sebagai sesuatu yang wajar.” JK mengharapkan, Pemerintah berusaha meraih kembali kepercayaan masyarakat itu, agar keadaan menjadi nyaman kembali.

Dalam pandangan saya, pernyataan Jusuf Kalla ini sudah jelas. Tidak perlu ditafsirkan rumit-rumit. Faktanya, kehidupan masyarakat Indonesia semakin sengsara, Pemerintah SBY semakin menampakkan ketidak-mampuannya dalam memimpin bangsa, kasus-kasus kerusuhan atau konflik sosial terjadi dimana-mana, isu terorisme semakin membuat urusan negara semakin ruwet, bencana alam silih-berganti sejak dari Aceh sampai Papua, dan lain-lain.

Intinya, bangsa Indonesia butuh sosok pemimpin baru, yang: patriotik, pemberani, cinta rakyat sendiri, pengasih kepada kaum dhuafa’, tegas kepada kolonialis asing, tegas kepada jamaah pengkhianat bangsa, tegas kepada media dan LSM komprador, dan sebagainya.

Semoga harapan itu tercapai. Allahumma amin.

— Mine —

Iklan

One Response to Rakyat Tidak Percaya Pemerintah!

  1. ABU HAM berkata:

    setuju……negara kita kita sudah di kuasai oleh setan-setan berbentuk manusia m yang menjual bangsannya sendiri. menjadi bagian dari kapitalis jahat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: