Hidup Ini Sangat Berharga!

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Iklan produk susu bayi Nutrilon, dengan gagah membuat tagline, “The life is an adventure!

Sepintas lalu iklan ini seperti benar, karena dipromokan dengan aktivitas anak-anak di luar ruang, yang kita semua pasti senang melihat aktivitas dinamis seperti itu (di luar konteks model pakaian yang dipakai anak-anak itu).

Tetapi sejatinya, iklan Nutrilon ini memiliki maksud terselubung, yaitu: MENGAJARKAN PRINSIP ATHEISME SEJAK KECIL. Atau minimal mengajarkan prinsip HEDONISME kepada masyarakat, sejak usia anak-anak.

Hidup di Bawah Naungan Allah: Sangat Berharga!!!

Hidup dalam Islam jelas bukan petualangan. Hidup dalam Islam adalah UJIAN, untuk mencapai hasil terbaik. Itulah yang disebut dalam Surat Al Mulk: Alladzi khalaqal mauta wal hayata li yabluwakum aiyukum ahsanu ‘amala (Dialah Allah yang telah menciptakan kematian dan kehidupan, untuk menguji kalian siapa di antara kalian yang terbaik amalnya).

Hidup adalah ujian. Siapa yang sukses meraih banyak pahala, dan paling minimal memikul dosa, dia akan SUKSES di alam Akhirat nanti. Sebaliknya, siapa yang pulang kepada Allah dengan membawa segala murka-Nya, jelas dia akan binasa. Na’udzubillah wa na’udzubillah min dzalik.

Hidup ini adalah ujian, untuk mencapai hasil terbaik di sisi Allah Ta’ala. Itulah makna hidup yang Islami dan benar. Bukan seperti iklan Nutrilon.

Dalam iklan itu disebut, “Hidup adalah sebuah petualangan!”

Coba Anda renungkan baik-baik iklan semacam itu. Benarkah hidup ini petualangan? Benarkah hidup ini harus dilalui dengan kalkulasi semacam para petualang yang notabene sebenarnya bermain-main itu? Singkat kata, benarkah hidup ini hanya bermain-main petualangan saja? Allahu Akbar.

Tidak diragukan, bahwa kegiatan outdoor, atau bahkan melakukan petualangan alam, itu ada manfaatnya untuk memperkuat kehidupan. Tetapi menjadikan PETUALANGAN sebagai metode kehidupan, amboi betapa mengerikan.

Dengan pemikiran ini kan manusia diajak berbuat apa saja yang dia sukai, atau sesuai dengan nafsu hewaninya, lalu tidak usah berpikir dampak dari kehidupan seperti itu. Masya Allah, ini adalah prinsip hedonisme sejati. Ini adalah prinsip yang dianut orang-orang atheis.

Hidup dalam Islam itu tinggi nilainya, luhur maknanya, kekal akibatnya. Kita tidak boleh main-main dengan hidup seperti ini. Bahkan dalam haditsnya Rasulullah Saw memberikan arahan, “Hendaklah berangkat pagi-pagi, hendaklah berbekal yang banyak, hendaklah menyiapkan perahu yang kuat.” Begitu kurang lebih. Mengapa kita harus berangkat pagi-pagi? Karena hidup yang akan kita arungi ini sangat panjang, berat, dan penuh godaan.

Kalau letoy, lebay, dan memble, jelas kita akan tersingkir dari ujian ini sebagai orang-orang kalah. Hidup ini sangat berharga dan sensitif. Jauh dari penilaian bahwa hidup ini just an adventure!

Tetapi, ide-ide yang berbau atheisme ini bukan hanya pada Nutrilon. Kalau Anda cermati pada iklan-iklan AQUA, disana ada statement-statement yang menjurus kepada atheisme itu. Misalnya, “Sehat itu dari diri sendiri. It’s on me.” Atau motto Aqua: “Kebaikan Alam, Kebaikan Hidup.

Saya coba kutip langsung dari situs resmi Aqua, kalimat-kalimat sebagai berikut: “Kebaikan alam di setiap tetes AQUA. AQUA adalah ciptaan berharga dari alam, yang memberikan kemurnian dan kandungan mineral yang alami dan terpelihara.” Ini dari situs resmi Aqua.

Coba lihatlah: Tidak ada satu pun signal yang menghubungkan air itu dengan Kemurahan Allah Ta’ala. Semua dikaitkan dengan alam. Alam sebagai sumber suplai air, dan ke alam pula mindset kita diarahkan.

Hidup ini adalah ujian. Kita harus berhati-hati, cermat, dan sungguh-sungguh menjalani hidup. Jangan sampai nalar kita bermigrasi ke ideologi hedonisme (yang meyakini bahwa hidup adalah petualangan), atau ke alam pikiran naturalisme (yang meyakini kemurahan alam, tanpa mengingat Kemurahan Sang Pencipta alam).

Sederhana ya…tetapi banyak menggelincirkan akal. Inna lillahi wa inna ilaihi ra’jiuun.

Abinya Syakir.

Iklan

4 Responses to Hidup Ini Sangat Berharga!

  1. mas, Live is an Adventure, sudah betul. Hidup adalah ujian juga betul. Jangan secara langsung menjustifikasi bahwa ini sesat, itu sesat. Hidup adalah ujian, dalam menghadapi ujian-ujian tersebut, bukankah itu disebut juga dengan petualangan? Live is an adventure itu bisa bermakna luas…

  2. abisyakir berkata:

    @ Lutfi Budi Ilmawan…

    Lho, agama kita tidak ada satu pun yang mengajarkan, bahwa “hidup adalah petualangan”. Tidak ada satu pun. Ini bukanlah filosofi yang berasal dari agama kita. Kalau disebut “hidup adalah ujian”, ya benar; “hidup adalah perjuangan”, ya benar; “hidup adalah kesenangan semu di dunia”, ya benar. Sebab ada dasar filosofisnya. Tetapi “hidup adalah petualangan” tidak ada yang mengatakan demikian.

    Sebagai Muslim, ya tentu kita merujuk kepada Kitabullah dan As Sunnah. Itu landasan hidup seorang Muslim. Bila Anda menemukan dalil yang kuat tentang “hidup itu adalah petualangan”, silakan disampaikan. Terimakasih.

    AMW.

  3. Reynald berkata:

    Waduch!!! Saya islam, saya kaum Nabi Muhammad SAW. Tp ga kaya anda, tujuan iklan ini apaa? Ng-judge jangan asal mas, nafsi-nafsi aj lbih baik kayanya, ga ada yang d rugikan dan mrsa rugi! Lagian ga bgus juga klw kjlekan org lain d publikasikan! Lagian Adventure makna’a luas koq, ga smua hal d dunia harus d pandang buruk bila menyimpang dari agama!

  4. abisyakir berkata:

    @ Reynald

    Alhamdulillah skarang iklan Nutrilon lebih baik. Bunyinya: “Life stars here.” (Hidup dimulai dari sini -maksudnya dari masa kecil di alam-). Ya, setidaknya itu lebih soft dan tidak “sekeras” iklan sebelumnya. Ini ada buktinya, mereka mau perbaiki iklannya.

    Admin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: