Silsilah Artikel TAUHID dan SUNNAH

Islam Itu Indah…

Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin. Berikut ini adalah artikel-artikel penting seputar pembahasan Tauhid, Sifat Allah, Sunnah, Bid’ah, dan lainnya. Karena pentingnya artikel-artikel ini, ia sengaja disatukan dalam satu halaman. Semoga bermanfaat dan bermaslahat. Amin Allahumma amin.

[=] Sifat Allah dan Ujian Keimanan.

[=] Allah Ta’ala Ada di Langit.

[=] Apakah Pembagian Tauhid Merupakan Bid’ah?

[=] Prinsip Memahami Bid’ah.

[=] Dimana Allah Tinggal Sebelum Bersemayam di Atas Arasy?

[=] Antara Tauhid dan Iman Kristiani.

[=] Antara Saudi dan Lawrence Arabiya.

[=] Bid’ah dan Beberapa Perkara Baru.

Artikel-artikel di atas cukup penting untuk dipahami, sebab dalam berbagai forum-forum diskusi sering mengemuka tema-tema di atas, lalu menghasilkan perdebatan kusir tanpa ujung yang jelas.

Semoga semua ini menjadi saham berharga bagi kita semua, di bidang dakwah, penerangan, dan ilmu. Semoga Allah Ta’ala mengampuni, merahmati, dan menolong kita semua, orangtua kita, anak-isteri kita, para sahabat kita, guru-guru kita, serta kaum Mukminin-Mukminat, Muslimin-Muslimat, dimana juga mereka berada. Amin Allahumma amin.

(Admin blog).

Iklan

6 Responses to Silsilah Artikel TAUHID dan SUNNAH

  1. sahabat berkata:

    alhamdulillah, barakallahu fik.

    Afwan sebelumnya,
    kami dengar kabar katanya admin blog ini akan hadir di Islamic bookfair 2013, kalo bener hari apa & jam berapa?
    &membahas masalah apa?
    Syukran.

  2. sahabat berkata:

    afwan, ralat, maksudnya di islamic book fair 2012, bukan 2013. trims

  3. abisyakir berkata:

    @ Sahabat…

    Jazakumullah khair atas perhatian Antum. Hari terakhir, Ahad, 18 Maret, ruang anggrek, jam 13.00, -masih- membahas buku BAKW. Semoga Allah Ar Rahman memudahkan. Amin.

    AMW.

  4. sahabat berkata:

    waiyakum.
    oo gitu ya, barakallahu fik, InsyaAllah kami berusaha hadir.

  5. Adid berkata:

    Bangamana sifad wujud…

  6. abisyakir berkata:

    @ Adid…

    Tentang sifat Wujud. Disebutkan dalam “Sifat 20” bahwa Allah memiliki Sifat Wujud (Bersifat Ada). Lawan sifat Wujud, sifat Adam (tiada). Allah disebutkan wajib bersifat Ada, dan mustahil bersifat tiada. Lalu disebutkan oleh para pengikut ajaran “Sifat 20” itu tentang dalil naqli dan aqli seputar sifat Wujud.

    Sebenarnya, dalam nama-nama Asmaul Husna (menurut beberapa versi) tidak disebutkan sifat Wujud itu. Sebagai sifat khusus yang bersumber dari Kitabullah dan Sunnah, sifat itu tidak disebutkan (mohon koreksi kalau saya keliru). Sifat ini disebutkan lebih sebagai “hasil analisa” para ahli kalam. Argumentasi yang bisa kami katakan soal sifat “Wujud” ini adalah: “Allah Ta’ala memiliki Nama-nama indah, memiliki Sifat-sifat yang mulia. Otomatis pada saat yang sama, Dia memiliki wujud (ke-ada-an atau manifestasi). Tidak mungkin Dzat yang memiliki sifat-sifat pasti, tetap, dan mulia; bahkan memiliki nama-nama indah, tidak memiliki sifat Wujud. Pasti dia memiliki Sifat Wujud.”

    Artinya, sifat itu sudah mesti ada seiring kenyataan bahwa Allah memiliki Nama-nama dan Sifat Mulia. Singkat kata, tanpa disebut sifat khusus “Wujud”, Allah Ta’ala dengan sendirinya sudah ada (eksis). Dia ada tanpa ada yang meniadakan, dan tiada yang bisa meniadakan-Nya. Alhamdulillah ‘ala kulli asma’ihil husna wa shifatihil ‘ulya.

    Lalu bagaimana Wujud Allah Rabbul Jalali wal Ikram?

    Yang jelas, laisa ka mitslihi syai’un wa huwas sami’ul bashir (tiada yang serupa dengan-Nya sesuatu apapun dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat). Kemudian wujud Allah itu seperti apa yang Dia ceritakan sendiri melalui ayat-ayat-Nya atau sabda Rasul-Nya yang shahih. Kemudian wujud Allah itu tercermin dari Nama-nama-Nya yang indah dan Sifat-sifat-Nya yang tinggi.

    Semoga kita semua selalu diberikan faham, terang jalan, dan bimbingan. Amin Allahumma amin.

    AMW.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: