Apresiasi Karya Kreatif Anak Bangsa…

Ini adalah sebuah contoh karya kreatif anak bangsa. Temanya, video seputar Pilkada DKI Jakarta, tetapi diambil dari film “Downfall” tentang Hitler. Percakapan dalam film berbahasa Jerman, diberi subtitle bahasa Indonesia asal-asalan, tetapi cukup menggelitik. Subtitle-nya terasa begitu pas dengan adegan dalam film. Cuplikan film ini pertama saya lihat di Facebook, lalu didapati di Youtube.

Tapi…pemuatan ini tak ada niatan politiknya ya. Ini murni buat selingan dan kreativitas saja, karena kami (pengelola blog) secara politik termasuk apatis dengan Pilkada DKI Jakarta dan semisalnya. Baik Jokowi, Foke, atau siapapun di antara kandidat Gubernur DKI, jika tidak mau memperbaiki ruhani rakyat Jakarta, sulit berharap akan terjadi perubahan. Rasulullah Saw memperbaiki kejahiliyahan masyarakat Arab ketika itu, dengan memperbaiki ruhani mereka. Mestinya, momen Pemilu, Pilpres, Pilkada, dll. dimanfaatkan untuk memperbaiki jiwa rakyat, bukan malah membutakan mata-hati mereka.

Sisi kelebihan video yang diunggah oleh Sam Imot ini, antara lain:

[=]. Ia begitu cepat diunggah, pasca kemenangan versi Quick Count, pasangan Jokowi-Ahok. Berarti proses kreatifnya begitu cepat.

[=]. Pemberian subtitle-nya begitu pas dengan potongan-potongan adegan dalam cuplikan film itu. Dialog-dialognya begitu hidup dan relevan dengan action para pemain dalam film. Pas betul…

[=]. Isi dialog itu lucu dan mengesankan kritik sosial yang sangat mengena. Video ini seperti sebuah kritik sosial, tetapi ditumpangkan di atas karya “lipsync” politik.

[=]. Dalam dialog-dialog itu, terlepas apakah datanya valid atau tidak, ada semangat kejujuran yang ingin disampaikan. Ya hidup ini jujur saja…tidak usah banyak berkelit macam-macam. Kebohongan-kebohongan itu kerap kali menipu banyak manusia (awam).

Sekali lagi, pemuatan video ini, tanpa tendensi politik; namun murni untuk selingan, share, dan menggugah semangat kreativitas dalam jalur-jalur tanpa pamrih (non komersial). Semoga berarti dan manfaat ya. Amin.

Berikut link yang bisa dilihat:

Admin.

Iklan

4 Responses to Apresiasi Karya Kreatif Anak Bangsa…

  1. hhee.. hhee.. hhee…
    cerita di video’nya… seru banget… bangetnya lagi… lagi dan lagi..
    lawak bener.. kata orang malesya..

  2. abisyakir berkata:

    @ Zaenal…

    Makasih-makasih, sudah ikut memberi apresiasi buat karya “anak bangsa”. Tapi apresiasinya ke Sam Imot ya… si pengunggah video.

    Admin.

  3. ardisyam@gmail.com berkata:

    Video yang sama sudah berkali-kali di lipsync untuk keperluan lain di negara-negara lain. Jadi bukan kreatifitas orang Indonesia. Coba saja di search di google.

  4. inkonsisten berkata:

    Ini adalah sebuah contoh karya kreatif anak bangsa. Temanya, video seputar Pilkada DKI Jakarta, tetapi diambil dari film “Downfall” tentang Hitler. Percakapan dalam film berbahasa Jerman, diberi subtitle bahasa Indonesia asal-asalan, tetapi cukup menggelitik. Subtitle-nya terasa begitu pas dengan adegan dalam film. Cuplikan film ini pertama saya lihat di Facebook, lalu didapati di Youtube.

    VS

    Banyak orang salah memaknai kata KREATIVITAS. Menurut mereka, dengan mengambil ruh tampilan orang kafir, lalu dipoles disana-sini, lalu diberi label Islam/Muslim; itu sudah dianggap kreatif. Misalnya, seseorang membeli laptop keluaran Apple, lalu logo resmi laptop itu disingkirkan, kemudian diganti gambar korma, lalu diberi nama “Korma”; hal demikian sudah disebut kreatif. Yang begitu sih bukan kreatif, tetapi: maksain, norak, dan kelihatan tidak punya ide original. Cobalah bikin yang asli, genuine, benar-benar kreatif, tidak nabrak-nabrak konsep tata-nilai Islam. “Jangan jadi bebek!” kata seorang penulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: