Ayo Memelihara Jangkrik Ngerik!

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh.

Saudara-saudara sekalian, kawan-kawan, para sahabat, dan siapa saja yang sempat membaca artikel ini…

Kami ingin berbagi sebuah ide sederhana, tapi insya Allah ini bermanfaat. Sebagaimana judul artikel ini, kami mengajak kawan-kawan semua, para sahabat dan pembaca, untuk mulai memelihara JANGKRIK ngerik di rumah.

Jangkrik ngerik ini bukan semacam ternak jangkrik untuk pakan ikan atau burung. Ini adalah JANGKRIK yang mengkilat itu lho, bisa bersuara krik krik krik, kalau malam hari. Ia dipelihara satuan, tidak kolektif. Setiap jangkrik punya kandang sendiri, diperlakukan sama seperti hewan-hewan peliharaan semacam kucing, burung, ayam, atau kelinci. Ia diambil segi bunyi khasnya dan bentuknya yang lucu dan pola-pola kulitnya seperti batik.

Ayo Ajak Anak-anakmu Mulai Memelihara Jangkrik Ngerik !

Ayo Ajak Anak-anakmu Mulai Memelihara Jangkrik Ngerik !

Ajakan untuk memelihara jangkrik ngerik ini karena beberapa alasan, antara lain:

[1]. Memelihara jangkrik adalah mainan kita di masa kecil. Mainan ini patut dilestarikan, karena punya nilai positif bagi anak-anak.

[2]. Jangkrik ngerik sendiri pasti punya manfaat dalam kehidupan ini. Kalau kita tidak memeliharanya, ia akan “terbuang” sia-sia di alam. Padahal pada dinamika jangkrik ini ada sisi-sisi positifnya.

[3]. Anak-anak kecil sangat baik jika mereka punya kesibukan memelihara hewan di rumah. Hal itu akan membuat mereka fokus, punya tanggung-jawab, dan bisa teralihkan dari serbuan media-media modern dan games yang amat sangat sumpek itu. Jangkrik selain bentuknya kecil, lucu, juga tidak berbahaya bagi anak-anak. Untuk setingkat kucing saja, masih ada bahayanya.

[4]. Memelihara JANGKRIK ngerik itu sesuai Sunnah lho (halah, agak maksain). Maksudnya begini. Kan kita nih kalau ketemu tikus disunnahkan untuk membunuhnya. Iya kan. Itu pasti karena ada manfaatnya di balik upaya membasmi tikus. Nah, menurut sebagaian penelitian, suara ngerik-nya jangkrik akan membuat tikus tidak betah tinggal di rumah. Mereka akan lari karena telinga-nya tidak kuat menahan frekuensi suara jangkrik. Ini selaras dengan tujuan Sunnah kan?

[5]. Secara ekonomis jangkrik ini ada harganya lho. Harganya bisa setara Kura-kura Brazil yang berwarna hijau itu. Seekor JANGKRIK ngerik bisa seharga Rp. 10 ribu sampai Rp. 15 ribu rupiah. Nah, cara begini kan bisa  membuka peluang kerja bagi para pencari jangkrik. Nanti hewan ini bisa eksklusif, dicari orang untuk “bunyi-bunyian” di rumah.

Ya intinya, upaya ini lebih untuk mengajarkan kepada anak-anak kita cara hidup yang sehat, kreatif, tidak dikendalikan oleh TV, komputer, ponsel, ipad, internet, dan sebagainya. Pastilah Allah ciptakan jangkrik ngerik untuk suatu tujuan mulia. Dan salah satunya, adalah untuk membendung arus media modern yang sangat membelenggu itu.

Hayo kita mulai memelihara JANGKRIK ngerik di rumah !!!

Peliharalah, untuk mengenalkan anak-anakmu dengan dunia natural dan amanat memelihara hewan. Lagian, gak berbahaya ini kok.

(Admin PLB).

About these ads

18 Balasan ke Ayo Memelihara Jangkrik Ngerik!

  1. Udin mengatakan:

    yaa saya suka, saya suka .. :)

  2. Asep kidul mengatakan:

    ada ada saja antum ini..bkan jangkrik ngrik namanya,tp”beunceuh kalung”,makanannya daun tolod..hti2 loh,di kmpung2(mngkn dikota juga)bnyak judi jangkrik,dgn adu kntes suarany atw adu fisiknya,mlalui alat yg dinamakan”taipan”yaitu smcm selongsong yg trbuat dari pecahan kca patromak,ukrannya ya seukuran tbh jangkrik,nah..trus si jangkrik di masukn ke dlm alat tsbt dgn cara sling brhadapan.

  3. Aremania mengatakan:

    Afwan…Tadz…ana jadi ingat masa kecil senang adu jangkrik dulu waktu masih tinggal di Kotalama ana kalau mencari jangkrik sampai di Kutobedah kuburan cina ,kalau memelihara jangkrik jangan lupa kilinya dari rumput ,dan jangan cari yang gutang..agar bunyinya nyaring….he..he .sekarang adu jangkrik digantikan PS3 ,Game Online..apalagi sekarang baru diluncurkan PS4…..ana suka tulisan antum…ada..ada saja…Syukron.. Barakallahu fiik

  4. Zaenal Abidin Si'Ardjuna Thea.. mengatakan:

    kira-kira… apa yaa yang akan terjadi jika sang Jangkrik dikasih makan Cengek (Cabe).??

  5. abisyakir mengatakan:

    @ Asep Kidul…

    Ya jangan dipakai judi, wong tujuannya untuk: diperdengarkan suara dan jadi latihan memelihara amanat bagi anak-anak. Ya semua hal yang mubah kalau dibuat jadi, ya jadi haram. Seperti main catur, main bola, naik motor, bahkan memelihara merpati juga, kalau mau dijudikan, ya jadi haram. Maka jangan dijudikan, tapi dipelihara untuk tujuan baik saja. Hatur nuhun.

    Admin.

  6. abisyakir mengatakan:

    @ Aremania…

    Wa iyyakumul barakah wa fadhilah wa sa’adatul hayah, wa lil Muslimin. Amin Allahumma amin.

  7. abisyakir mengatakan:

    @ Zaenal…

    Saya gak tahu pasti. Tapi dulu sering orang memberi makan dengan cabe. Siapa di antara kita yang bisa mewakili “lidah” jangkrik? :)

    Admin.

  8. Zaenal Abidin Si'Ardjuna Thea mengatakan:

    @ Abisyakir..

    Berdasrkan Persangkaan yang ada yang bersinggah di dalam benak saya.. bahwasannya Tatkala Sang Jangkrik di beri makan Cabe, ternyata Beliau tidak mau memakannya [1].. yaa, atas Jawaban yang telah bapa berikan dalam hal ini, saya kasih bapa Poin 20 (dari 100)… hhee.hhee.. -becanda pa, becanda-
    ___________________________________________________
    Foot note
    [1] No Foot Note

  9. -_- mengatakan:

    Di mana saya bisa beli jangkrik ini?

  10. abisyakir mengatakan:

    @ Mbak…

    Biasanya sering di pasar-pasar kaget Mbak. Judulnya “jangkrik pengusir tikus”. Memang belum commercial oriented, tapi lama-lama juga akan kesana.

    Admin.

  11. Samuel Michael mengatakan:

    wah, saya ga melihara jangkrik
    mereka sendiri yang dateng bkin sarang di kolong kasur saya
    tiap sore bunyi
    hahaha

  12. abisyakir mengatakan:

    @ Samuel…

    Itu bukan bunyi jangkrik…tapi bunyi ranjangnya sudah reot. Ha ha ha….

    Admin.

  13. bagaimana cara memilih jangkrik yg mau bunyi?
    apakah smua jangkrik akan bunyi saat kita pelihara?,krna bnyk tikus di rmah!!

  14. saya baru saja mengkap jangkrik di depan rumah.
    setelah saya tangkap skarang kok mlah engk mau bunyi.
    dan sya mau memeliharanya tpi makan nya apa?

  15. abisyakir mengatakan:

    @ Casend…

    Katanya, makan daun2 kering, remah-remah sayur. Ada juga sarankan makan cabe, tapi ini bikin jangkrik kepanasan. Cari remah-remah daun kering saja. Okeh.

    Admin.

  16. A galang prasetyo mengatakan:

    Makanan ny apa ya ??

  17. abisyakir mengatakan:

    @ A Galang…

    Yang jelas makannya bukan fried chicken… He he he (becanda). Makan-nya bisa daun krokot Mas, atau serpihan-serpihan daun, atau remah-remah serangga kering, dan lain-lain.Daun krokot bisa dilihat image-nya di Google.

    Admin.

  18. Dwi Riyadi mengatakan:

    Suara jangkrik ternyata bisa menenangkan,hati terasa tentram apalagi didengar malam hari,sama seperti suara kodok.he he inget masa kecil dulu…Indahnya nyanyian serangga malam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 129 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: