Nelson Mandela dan Politisi Muslim…

Beberapa waktu lalu, mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela meninggal. Kamis, 5 Desember 2013. Dalam usia 95 tahun. Mandela jadi presiden pertama Afrika Selatan, dari kaum kulit hitam, pada tahun 1994.

Seorang kawan ngefans berat dengan Nelson Mandela. Alasannya karena dia pernah dipejanjara selama 27 tahun dan tetap teguh dengan perjuangannya. Saat masuk penjara masih lumayan muda, saat keluar sudah “kakek-kakek”. Mandela menebus perjuangannya untuk kaum kulit hitam dengan pengorbanan pribadi sangat berat. Bayangkan, dipenjara selama itu.

Wafat 5 Desember 2013

Wafat 5 Desember 2013

Hebatnya, setelah jadi Presiden Afsel, Mandela cukup mengambil jatah “satu periode” saja, tidak mau “nambah” seperti seorang Jendral yang punya motto: Lanjutkeun terus!

Bahkan ketika keluarganya dihimpit masalah, Mandela bercerai dengan isterinya; hal itu tak membuatnya mundur atau runtuh moral. Dia tetap melanjutkan kehidupan, dan menikah lagi. Itu berjalan sampai saat dia meninggal.

Waktu kawan itu bicara tentang moral para politisi Muslim di negeri ini, langsung geleng-geleng kepala. Seperti orang “pasrah”, atau tiba-tiba “kehilangan tenaga”.

“Orang kita kayak walang!” kata teman itu, membuatku tertawa.

Walang, maksudnya belalang. Sifat belalang kan menclok sana menclok sini. Tidak istiqamah. Nah, itu dia masalah utama para politisi Muslim di Indonesia, yaitu TIDAK ISTIQAMAH.

Beda dengan Mandela, meskipun non Muslim, dia punya keteguhan hati. Mestinya para politisi Muslim itu begitu ya…sangat teguh memegang prinsip dan missi perjuangan. Bukan seperti walang. Iya gak.

Pelajaran penting dari sosok Nelson Mandela: Keteguhan hati memegang prinsip dan missi perjuangan!

Istiqamah, please!

(Mine).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: