Prediksi Perolehan Partai Pada PEMILU April 2014…

Bismillahirrahmaanirrahiim.

[1]. Diperkirakan partisipasi rakyat (pemilih) dalam Pemilu nasional April 2014 masih cukup tinggi. Diperkirakan pada kisaran 40-50 %. Ya sebenarnya itu sudah penurunan hebat, tapi menurut fakta politik partisipasi 50 % masih relevan untuk menghasilkan perubahan formasi dan dinamika politik baru.

[2]. Dalam Pemilu April 2014, ada partai politik yang DIPERKIRAKAN akan mendapat peningkatan significant. Ada partai yang merosot tajam. Ada partai yang terancam punah. Ada partai yang cuma “ikut kontes saja”.

[3]. Partai yang diperkirakan mengalami kemajuan significant adalah sebagai berikut:

## PDIP. Dengan alasan, partai ini konsisten sebagai oposisi sejak era Megawati lengser pada 2004 lalu. PDIP seperti memetik hasil dari kesabaran dan konsistensinya sebagai partai oposisi.

## Partai Gerindra. Sejak Prabowo kalah dalam pilpres tahun 2009 lalu, kemudian seperti “hilang dari peredaran” karena dikabarkan mengalami sakit parah. Sejak itu Prabowo dan Gerindra aktif melakukan konsolidasi di bawah. Mereka sama seperti PDIP, selaku partai oposisi, tetapi bedanya Gerindra punya Prabowo yang dipercaya sebagai magnet politik yang bagus. Orang bilang, tahun 2004 ini adalah era Prabowo. Katanya begitu.

## Hanura. Ya Hanura masih eksis dan tampaknya akan berkembang lebih baik. Itu karena kerjasama Wiranto dengan si pemilik media, Hary Tanoe. Hary Tanoe meskipun termasuk politisi “sakit hati” dia buktikan dukungan besarnya kepada Hanura. Meskipun nantinya Hanura akan ditinggalkan, lalu pindah ke Perindo. Tapi dari promosi media-media milik Hary, hal itu mendongkrak suara Hanura.

## Nasdem. Nah, ini pendatang baru yang lumayan. Nasdem sukses membuat pencitraan politik. Sebagai partai, ia cukup sukses membangun kesan awal. Sebagai sosok “Surya Paloh” itu lain ceritanya. Tapi secara umum Nasdem akan eksis dan meraup suara lumayan. Ya prediksinya begitu.

[4]. Partai yang diperkirakan merosot ialah…

** Golkar. Dia merosot karena jeleknya pencitraan yang dibuat oleh Aburizal Bakrie. Mungkin ARB sudah pontang-panting sedemikian rupa, tapi wajahnya itu punya kesan “angker” atau “tidak ramah”. Maklum lah, wajah konglomerat. Wajahnya ARB semakin sering nampang di TV, justru membuat perasaan “tambah gak enak”. Kemungkinan Golkar akan menurun. Nilai penurunannya belum bisa diperkirakan.

** Partai Demokrat. Nah, partai ini bisa merosot tajam. Ia diperkirakan kalah, meskipun masih masuk tataran ET. Penyebabkan banyak elit Demokrat terlibat korupsi. Anas salah satunya. Kemudian perilaku Ruhut Sitompul dan Sutan Batoegana membuat rakyat Indonesia “muntah2” terus. Selain tentunya, semua berasal dari kinerja SBY yang gak bisa memimpin bangsa sama sekali.

** PKS. Nah, PKS juga diperkirakan akan mengalami penurunan lumayan. Alasannya karena kasus korupsi yang menimpa LHI dan Fathanah. Ini telah menyebar luas opininya sampai ke masyarakat kecil di bawah.

** PPP dan PKB. Dua partai ini juga berpeluang menurun suaranya. Meskipun nilai penurunannya kurang significant, karena jumlah suara mereka selama ini juga tidak significant. Kenapa menurun? Karena sepanjang 2009-2014 ini, kedua partai nyaris kehilangan kemampuan politiknya. Nyaris tak ada kiprah mereka yang bisa dilihat.

[5]. Partai yang terancam gulung tikar adalah PAN dan PBB. Partai seperti PKB dan PPP meskipun dapat suara kecil, tapi masih punya basis masa tradisional. Itu masih lumayan. Sedangkan PAN sudah kehilangan potensi sumber suaranya. Komunitas Muhammadiyah tak mau dikaitkan dengan PAN lagi. Proses politik di lapangan juga mengalami banyak kebuntuan.

Sedangkan PBB, seperti biasa, diperkirakan ia akan punah di Pemilu 2014 ini. Nanti, mungkin Yusril akan melakukan judicial review lagi terhadap aturan perundang-undangan yang ada, agar PBB bisa ikut pemilu lagi 5 tahun berikutnya. Nanti kalau kalah lagi, dia akan lakukan lagi judicial review ke sekian kalinya, sambil sesumbar sebagai “ahli hukum paling hebat di bumi Nusantara”. Padahal itu kan hukum sekuler. Hukum sekuler, dibanggain!

Demikian prediksi hasil Pemilu yang bisa disampaikan. Ya namanya juga prediksi, tidak bersifat mutlak. Hanya kira-kira saja. Okeh, semoga bermanfaat (bagi yang merasa dapat manfaat). Berjuanglah PKS! Harapan masih ada. He he he.

Admin.

Iklan

4 Responses to Prediksi Perolehan Partai Pada PEMILU April 2014…

  1. aspl berkata:

    Pak, Anda yakin Pilpres terselenggara??

  2. Hisaan berkata:

    MantaPBB , Pertolongan Allah itu Selalu Ada !!!!!

  3. jaway berkata:

    yasudah jgn memperebutkan pepesa kosong,jangansampai gara gara pemilu bangsaini berpecahbelah alangkahbaiknya kitabenahi dirikita dan imankita,saya juga simpatisan pks,jadikanlah warna warna kita sebagai tujuan membangun bangsa,biarlah alloh swt yg menentukan,ingat lidah lebih tajam daripedang mudah mudahan alloh swt selalu menjaga hatikita.

  4. wawan824 berkata:

    Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. “Orang islam harus KAYA”
    dan “Beli Kembali Aset Indonesia” dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, Asuransi,
    Kartu Kredit dan lain-lain. Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.
    Penasaran Dengan Bisnis Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: