Pernyataan Dahsyat Abu Bakar Ba’asyir

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Berikut ini adalah beberapa kutipan media tentang pernyataan Abu Bakar Ba’asyir, amir Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), dari Nusa Kambangan. Pernyataan ini dilontarkan sebelum digelar Pilpres 9 Juli 2014. Silakan dibaca dan dicermati. Kami mengutip dari media.

“USTADZ BA’ASYIR: MEMILIH PEMIMPIN THAGHUT MEMBATALKAN PUASA RAMADHAN”

NUSAKAMBANGAN (Panjimas.com) – Ustadz Abu Bakar Ba’asyir juga memberikan nasehat kepada seluruh umat Islam di Indonesia yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan agar menjaga puasanya dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Menurut ulama sepuh tersebut, seseorang yang ikut serta dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Calon Presiden sistem Thaghut bisa membatalkan puasa sekaligus membatalkan imannya.

KEWAJIBAN ULAMA: Menjaga dan Membela Kehidupan Ummat.

KEWAJIBAN ULAMA: Menjaga dan Membela Kehidupan Ummat.

“Calon-calon presiden itu kan tidak menerapkan hukum Allah, yang menerapkan hukum selain hukum Allah itu Thaghut namanya. Dan memilih Thaghut itu syirik, maka batal puasanya. Jadi tidak hanya batal puasanya, tapi juga batal Ashlul Iman-nya. Memilih dan mendukung calon Thaghut itu berarti AnsharuthThaghut,” kata Ustadz Abu Bakar Ba’asyir di hadapan para pembesuk di LP Super Maximum Security, Pasir Putih Nusakambangan, Selasa (1/7/2014).

Oleh sebab itu, Ustadz Abu Bakar Ba’asyir mengimbau agar umat Islam menjauhi sistem Thaghut dan tak perlu ikut-kutan dalam pesta syirik demokrasi jika ingin puasa dan aqidahnya terjaga.

“Sekarang kalau kita ikut memilih pemimpin dalam sistem Demokrasi ini, itu namanya kita sedang memilih dan mengangkat pemimpin Thaghut. Padahal dalam Al Qur’an, Allah menegaskan bahwa pemimpinnya orang beriman itu yaa orang beriman. Masa kita malah mau ikut-ikutan memilih Thaghut? Gimana itu coba? Lebih baik kita nggak usah ikut!” tegasnya. [AW/Ghozi Akbar].

SUMBER:

http://panjimas.com/news/2014/07/09/ustadz-baasyir-memilih-pemimpin-thaghut-membatalkan-puasa-ramadhan/

Edisi, Rabu, 11 Ramadhan 1435H / July 9, 2014.

____________________________________________

 

“MEMILIH PEMIMPIN ORANG BERIMAN ITU WAJIB, MEMILIH PEMIMPIN THAGHUT HARAM”

NUSAKAMBANGAN (Panjimas.com) – Ustadz Abu Bakar Ba’asyir, ulama kharismatik yang telah malang-melintang di dunia pergerakan Islam, kembali mengingatkan kepada umat islam terkait Pemilihan Umum (Pemilu) Calon Presiden.

Menurutnya, memilih pemimpin di kalangan orang beriman itu wajib. Namun, haram jika memilih pemimpin Thaghut yang menerapkan sistem Thaghut.

“Memilih pemimpin dan mengangkat pemimpin dari kalangan orang beriman itu wajib. Kalau memilih pemimpin Thaghut itu haram. Selama tidak ada calon pemimpin di Indonesia yang secara tegas akan menerapkan syari’at Islam secara kaffah, maka umat Islam haram memilihnya,” kata Ustadz Abu Bakar Ba’asyir di hadapan para pembesuk di LP Super Maximum Security, Pasir Putih Nusakambangan, Selasa (1/7/2014).

Bahkan, meski berada di balik jeruji besi Ustadz Abu Bakar Ba’asyir masih memberikan perhatiannya kepada umat dengan menulis buku yang ditujukan kepada para tokoh dan pemimpin negeri ini agar kufur terhadap sistem Thaghut.

“Sikap kita kepada mereka, para pimpinan ormas Islam adalah menasehati mereka agar tidak menjerumuskan umat kedalam neraka. Untuk itu, saya sudah menulis sebuah surat berjudul ‘Risalah Peringatan dan Nasehat Karena Allah Kepada Umat Islam Yang Dibebani Amanah Mengatur Pemerintahan di Bumi Nusantara’ kepada para pimpinan ormas dan para pemimpin di negeri ini. Alhamdulillah surat ini sudah disebar kepada para pimpinan ormas, dan sekarang sedang dibukukan untuk dapat dibagikan kepada umat Islam secara luas,” jelasnya. [AW/Ghozi Akbar].

SUMBER:

http://panjimas.com/news/2014/07/09/memilih-pemimpin-orang-beriman-itu-wajib-memilih-pemimpin-thaghut-haram/

Rabu, 11 Ramadhan 1435H / July 9, 2014.

_________________________________________________________

SEKILAS KOMENTAR:

Bismillah. Pernyataan Takfir ABB yang beredar di media mengandung konskuensi sangat dahsyat. Antara lain:

(a). Menyalahi fatwa-fatwa ulama Ahlus Sunnah di Indonesia, Malaysia, Mesir, Saudi, Palestina, Kuwait, Yaman, Pakistan, Turki, dan negeri-negeri yang ada praktik demokrasi di dlmnya.

(b). Berakibat mengubah negeri mayoritas Muslim menjdi mayoritas kafir.

(c). Memperluas sikap putus asa Ummat, terutama mereka yang baru menapak jalan kesalehan.

(d). Memperhebat konflik dan prmusuhan antar sesama Muslim.

(e). Menghalalkan darah, harta, khidupan Ummat.

(f). Menjadi kendaraan musuh-musuh Islam untuk mengadu domba kaum Muslimin.

(g). Menafikan sifat rahmat & basyira pada agama ini.

(h). Menghilangkan sikap tasamuh/lapang dada dalam prbdaan pndpat.

(i). Melenyapkan jasa para pejuang Islam di bidang politik dan birokrasi, dari zaman dulu smp kini.

(j). Kian menyuburkan pelaku TAKFIR di tengah Ummat.

(k). Menghancurkan prinsip Wihdatul Ummah (kesatuan Ummat). 

HIMBAUAN: Kami menghimbau para dai, ustadz, ulama, tokoh ormas Islam, para akademisi, para peneliti Muslim, generasi Islam, para aktivis, penulis, dan siapa saja yang peduli dengan Islam dan Ummat; untuk mengkaji pernyataan-pernyataan ABB di atas, untuk didiskusikan, dibahas, dan diberikan tanggapan. Minimal, bantu menyampaikan risalah ini kepada pihak-pihak kaum Muslimin. Terimakasih, jazakumullah khairan katsira.

(Admin PLB).

Iklan

44 Responses to Pernyataan Dahsyat Abu Bakar Ba’asyir

  1. John Doe berkata:

    Terima kasih pencerahan nya Ustadz, tindakan itu apa tidak kontra produktif… Dan bikin bingung Ummat…
    Oh ya mau bertanya nih, bagaimana pendapat tentang media Islam yang saling menjatuhkan, apalagi ditengah riuh rendahnya pilpres saat ini???
    JZK

  2. bagus berkata:

    jd 99% msarakat ind ikut pemilu jd kafir yg msuk surga cuman basir hebat x nich org

  3. joe berkata:

    memang sistem demokrasi itu ga ada dalam islam. yg ada sistem kekhalifahan yg berazas pd syariat islam berpedoman alquran dan hadits…demokrasi itu buatan barat yg d rancang utk mengkotak kotakan umat islam

  4. Sebagai hamba allah yang ingin berislam secara kaffah,tulisan2 dan pernyataan para ustadz sungguh sangat bikin kita yang awam ini bingung berat. Tentunya hanya kepada Allah saya mohon petunjuk ke jalan yg benar. Saya baca buku ustadz Joko Waskito, juga buku dari kalangan salafi ( menurut Ust. Joko salafi yamani ).
    Saya juga bertanya ke ustadz di kota kami, tapi saya tidak mendapatkan jawaban yg pas. Semuanya berselisih. Ya Allah, tolonglah kami umat Islam Indonesia, berikan kami petunjuk yang lurus.

  5. abisyakir berkata:

    @ John Doe…

    Media-media Islam itu ya arahnya beda-beda ya. Mereka baru kelihatan arah ketika terjadi kasus-kasus besar. Ya ini seperti sebuah proses alamiah. Yang konsisten, stabil, dan lurus, insya Allah akan terus eksis.

    Admin.

  6. abisyakir berkata:

    @ Nazrusli…

    Ya Pak di antara ujian bagi hamba Allah yang lebih matang berpikir, ilmu, dan amalnya, adalah bertemu PERSELISIHAN UMMAT. Kalau di SD, SMP, SMA, kita ketemu teori-teori searah; maka ketika kuliah, kita ketemu BERAGAM TEORI, kadang saling berbenturan. Untuk sekelas Bapak, ya harus siap hadapi perselisihan2 pendapat. Iya gak.

    Agar kita selamat, caranya: diskusi dengan alim, berkonsultasi kepada ahlinya, ikhlas dalam memilih jalan, serta berdoa memohon petunjuk Allah Al Hadi. Jangan lemah dan lelah ya. Terimakasih.

    Admin.

  7. akhmad Jazuli berkata:

    ya; betul sekali semakin subur pelaku Takfir. sedih mengapa antar sesama muslim begitu mudah mengkafirkan

  8. abu omar berkata:

    Assalamu’alaikum…
    mau nanya, ustadz abisyakir skrg kok sudah jarang nulis di web ini??
    apakah ustadz lg sibuk nulis di tmpt lain?kalo boleh tau dimana?
    sy salah satu org yg senang membaca tulisan ustadz dan banyak ilmu2 yg bermanfaat bg sy.

  9. muwahid berkata:

    ustadz, apakah ustadz sudah konfirmasi ke ustadz abb tentang kafir tidaknya yang ikut demokrasi? (atau mungkin mencari penjelasan kepada media yang menayangkan pernyataan ustdz abb)

  10. abisyakir berkata:

    @ muwahid…

    Wong sampai saat ini tidak ada bantahan dari beliau. Ingat saat tersebar berita Ustadz ABB bai’at di Shoutus…. Langsung ditanggapi serius. Tapi soal takfir pelaku demokrasi itu kan sudah trade mark mereka. Dalam buku Tadzkirah juga ada yang seperti itu.

    Admin.

  11. abisyakir berkata:

    @ Abu Omar…

    Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakaatuh.

    Ya akhi, mohon maaf juga. Dalam 4 bulanan terakhir, kami lebih sibuk di FB, buat tulisan-tulisan di sana. Mohon maaf sekali. Nanti akan kami kopikan sebagian ke sini. Insya Allah ke depan akan lebih concern di blog lagi. Syukran jazakumullah atas perhatiannya.

    Admin.

  12. Uncle Sam berkata:

    Wah…..ini blognya pendukung ISIS ya? Kalo memang isis berjuang untuk islam kenapa ga sikat tu israel? Boneka paman sam ya, kayak taliban.

  13. Belajar Beropini berkata:

    @Uncle Sam, kok blog ini dibilang pendukung ISIS, ente buta aksara ya, atau belum nyimak artikel2 disini. Lha blog mengkritik ISIS kok dibilang pendukung. Pliiis dong aaaah…

  14. Uncle Sam berkata:

    Belajar Beropini : Baru Bangun ya………Liat dong tulisan-tulisan admin sebelumnya yang memuja-muja isis, bahkan isis dikritikpun adminnya kebakaran jenggot. Seperti biasa admin ini terlalu gegabah menyimpulkan hanya berdasar potongan-potongan berita. Dulu pernah saya sampaikan berita tentang isis dari al jazeera, kata admin….yah baru satu. tul min?????

  15. abisyakir berkata:

    Sbenarnya kami SEMPAT APRESIASI ke ISIS; tp kmudian jadi RAGU dg banyaknya foto, video, pernyataan ISIS sndri yg menyimpang dr Syariat; lalu kami TAWAQUF (diam tak brsikap); stlah wkt brlalu, smakin banyak pendapat ulama ttg ISIS, ya kami stuju dg mereka ===> ISIS menyimpang! Apa yg ada di media ini biarlah jadi saksi, bhw kami PERNAH simpati ke mrk, sblum para ulama akhirnya tegaskan penyimpangan mrk. Kami stuju itu. Trmksh.

  16. ya saya umumkan juga, kalau kita mengaku islam pedoman nya al,quran,kalau nurut nya pada quran separoh separoh,tanya diri kita kira kira sah ga yah iman kita kepada alloh’,,,berpikirllah sebelum mati (mengesal dai akherat kelak…

  17. Insan berkata:

    Stetment yg di sampaikan ABB itu bukan beliau yg melontarkan.,tp itu firman tuhan.,
    Kan sdh jelas tuhan dlm firman nya.,hukum yang hak itu bukan demokrasi tp al-qur’an.,
    Jdi apabila berhukum selain pada al-qur’an yaa musyrik.,
    Dan yg pasti yg mengatakan musyrik bukan ABB.,tp firman tuhan.,

  18. Insan berkata:

    Jngn percaya pada media,,tau sendiri media indonesia di kuasai orang non muslim.,apalgi seputar ISIS dan menjelek2kan ISIS.,
    Video yg beredar kekejam ISIS jg langsung di telan mentah2.,
    Ingat media,IT di kuasai siapa.,
    Banyak cara di lakukan musuh islam mengadu domba.,
    Apakh sekejam itu ISIS yg di beritakan media.,saya yakin tidak.,
    Itu propaganda musuh islam memecah belah.,apa ada jaminan itu anggota ISIS.,
    Malah saya pribadi yakin itu video yg melakukan musuh islam mengatas namakan ISIS dan menggunakan simbol islam.,

  19. abisyakir berkata:

    @ Insan…

    Lihat http://www.muqawamah.com. Terimakasih.

    Admin

  20. abisyakir berkata:

    @ Insan…

    Apa ada dalam Al-Qur’an ayat yang bunyinya: “demokrasi sama dengan musyrik”? Mohon bantuan untuk menemukan ayat seperti itu. Terimakasih.

    Admin

  21. kasam baba berkata:

    mengapa kita harus menerima semua kekejaman yang terus menjadi

  22. wong islam berkata:

    ba’asyir tu islam cuman sampul, tak mempunyai ilmu islam secara kafah, merasa lebih hebat dari wali songo, gobxxx benar ba’asyir, dakwah itu mengislamkan yang belum islam dgan akhlaq yg mulia bukan malah mengkafirkan yang sudah islam, kyai genxxxx, dholla dholalah

  23. Yunoi berkata:

    memilih pemimpin dgn cara demokrasi di sluruh dunia menghasilkan (budak melahirkan majikan ) ini adalah tanda akhir zaman . rakyat jadi budak padahal dia yang melahirkan majikan nya (presidennya).itulah demokrasi yg kalian agung agung kan

  24. Yuyui berkata:

    memilih pemimpin dgn metode alquran pasti menghasilkan pemimpin yang sidiq,amanah,tabligh,fathonah..itulah pemimpin yg bisa mencintai dan dicintai rakyat nya .

  25. PENASA berkata:

    Sy stuju dg Ustaz ABB, tp kita bs apa? Jika tdk ikut milih malah lbh brbahaya bagi Ummat. Kl memang mau mlawan demokrasi, ayo angkat senjata, kita Perang

  26. PENASA berkata:

    Ulama2 yg mngatakan IS, MENYIMPANG TK LBH ULAMA2 KACUNG PEMERINTAH, sdg kn pemerintah Kacung AS, SO, anda paham skrg?

  27. abisyakir berkata:

    @ PENASA…

    Ulama-ulama Al-Qaídah rata-rata menolak IS. Apa mereka masuk “kacung” seperti tuduhan Anda? Anda terlalu sembrono dalam menuduh para ulama. Berhati-hatilah. Itu lebih baik.

    Admin.

    Admin.

  28. dodok berkata:

    ketika kita bingung membedakan mana saudara kita..mengarah ke mana anak panah dari org2 kafir..mungkin disitu saudara kita..

  29. abu nida berkata:

    Bismillah.saodara ku seiman, jngn lah klian sling menyalah kan 1 dngn 1 yg lain…jlnkan ssuai apa yg alloh sdh ttp kan klian ke pd orang tua klian masing”, klo pun alloh menyuruh kt sllu mencari ilmu agama islam dngn sebenar”nya dngn mencotohkan sprti rosul kita muhammad SAW
    Makah carilah dan jln kan lah.
    Klo klian tdk mampu maka mnt lah petunjuk kpd Alloh SWT.jngn klian sling menyalakan.afwan trmksh wassalm.

  30. abisyakir berkata:

    @ Abu nida…

    Ya coba Anda pikirkan saja, kalau rakyat Indonesia dikafirkan karena alasan demokrasi. Lalu jadilah negeri ini minoritas Muslim, karena yang Muslim cuma “segelintir” orang saja. Apa begitu kesimpulannya?

    Admin.

  31. Isiser berkata:

    ISLAMIC STATE BAQIYAH !!!

  32. abisyakir berkata:

    @ Isiser…

    Isis ila al Baqi’ (pemakaman)

    Admin.

  33. fauzi berkata:

    terus berjuang ABB …
    klo blm pernah tabayyun langsung dengan daulah islamiyyah jangan mengandalkan prasangka, ingat prasangka itu seburuk2ny ucapan .

  34. misbah berkata:

    Islam itu agama rahmatallilalamin coba liat raut muka ABB ada kasih sayak pa gax.kalo q sih gax artinya ABB gax taw apa agamanya.masak ulama ngajaknya perang terus.intinya islam itu gax cari maslah dengan siapa pun apalagi seiman sebangsa dan tanah air.kita butuh islam yg ramah bukan yg marah..andaikan yg datang duluan abu bakar ba,asir dripda wali songo pasti.pasti islam bukan agama mayoritas d republik ini.

  35. Polan6 berkata:

    setuju sama kang Misbah

  36. Polan5 berkata:

    Hadratus Syech Hasym Ashari seorang Ulama besar di jamannya menganjurkan bahwa NKRI adalah harga mati. Nah sekarang orang yang baru lahir sore hari aja sudah seperti orang pinter ( basa jawanya : keminter)

  37. hamba berkata:

    Assalamualaikum wr.wb
    @misbah
    Menuliskan : masak ulama ngajaknya perang terus.intinya islam itu gax cari maslah dengan siapa pun apalagi seiman sebangsa dan tanah air.kita butuh islam yg ramah bukan yg marah
    .
    .
    = Islam bukan seperti itu saudara
    Islam itu Tidak AKAN Diam JIKA AGAMAnya TerTINDAS
    Islam juga tidak akan mencari masalah apalagi itu SEIMAN (SEAGAMA ISLAM)
    Jika memang sudah waktunya PERANG (ISLAM TerTINDAS) Demi ISLAM ya WAJIB Perang
    .
    memang benar Indonesia ini terlalu banyak campur tangan orang asing & orang kafir
    JADI jangan sampai salah JALAN.
    Tetap berpegang teguh pada Agama ISLAM Ajaran Nabi Muhammad S.A.W
    terus pelajari ILMU & AJARAN islam jgn sampai terjebak omongan” orang tdk bertanggung jwb yg mengajarkan ajaran sesat

  38. El-Babadani berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb.

    Di sini saya melihat pendapat2 islam garis keras vs islam moderat. saya setuju dengan pandangan Admin. Ingat sejarah Khulafaurrosidyin, 4 pemimpin islam yg kata Rosul s.a.w. dijamin masuk surga. Khususnya Sayyidina Ali karromallahu wajhah, Menantu Rosulalullah. Pemuda pertama yg masuk islam. Terbunuh oleh Orang islam yang punya pendapat Berhukum pada selain Alqur’an adalah Kafir.

    Pembunuhnya Hafal Al quran,Rajin puasa,Rajin Solat malam sampai jidat nya membekas hitam,apa yang salah dari semua ini? Al qurannya yang ia pegang teguh,atau pemahamanya yang salah dari alquran? Pemilihan Khulafa rasyidin dilakukan secara demokratis,musyawarah,mufakat, Saat Khalifah Ali k.w. Berkonflik dengan Sayyidina Mua’wiyah bin Abi Sufyan sampai terjadi perang saudara ( note:kalau kita cari tahu alasan dan sebab dari perang tersebut maka kita akan punya penilaian yang bijak dan hikmah tersendiri dan tidak sembarang menyalahkan ). Beliau tidak mengkafirkan satu sama lainnya.

    Kesimpulannya, Teliti kembali apa yang dimaksud islam kaffah secara benar. Rasullullah tidak mengajarkan radikalisme,tetapi pengasih dan penyayang bahkan kepada non muslim (baca: kisah Rosul yang menyuapi perempuan tua yahudi yang selalu menghina Rosul)
    menurut saya Ust.ABB dengan pandanganya yg tegas dan seakan paling benar sendiri, membuat wajah islam menjadi menakutkan,bukan Rahmatan lilalamin.

    Memang islam harus lurus dan contohlah kehidupan Khalifah Abu Bakar Assidiq r.a.
    Islam jg Harus Tegas maka contohlah Khalifah Umar Bin Khottob r.a.
    Islam harus penuh kasih sayang maka contohlah kehidupan Khalifah Ustman Bin Affan r.a.
    Islam Harus Bijaksana maka contohlah Kehidupan Khalifah Ali Bin Abdul Mutholib K.W.
    Dan islam harus lurus,tegas,penuh kasih sayang,dan bijaksana maka contohlah Nabi Muhammad S.A.W.

    Rosul pernah berkata : Islam akan terbagi menjadi 73 golongan dan yang masuk surga hanya satu golongan. Ketika di tanyakan golongan yang manakah itu Rosul menjawab : Ahlussunnah Waljama’ah. Ketika ditanya lagi siapa itu Ahlussunnah Waljama’ah? Rosul menjawab : Dia Yang berpegang teguh pada ajaranku dan ajaran para sahabatku.
    Dan rosul juga Pernah Bersabda: “A’laikumbisunnati wasunnatilkhulafairrosyidiin”.”ikutilah sunnahku dan sunnah khulafaurrasyidiin”
    Dan rosul juga pernah bersabda : “Para Sahabatku bagaikan bintang yang bersinar terang,barang siapa yang mengikuti salah satu dari mereka,maka dia akan selamat”.

    sekali lagi ingat sejarah Kehidupan Nabi Muhammad S.A.W dan Kehidupan Khulaffaurrasyidiin dan ambil tauladan darinya. Niscaya kita akan temukan indahnya islam.

    nb:maaf Admin Komen nya kebanyakan.

  39. abisyakir berkata:

    @ El Babadani…

    Ya terimakasih, semoga kita semua senantiasa menjadi kaum yang adil dan moderat. Amin amin.

    Admin.

  40. khalid berkata:

    admin, bgmana pendapat anda terhadap ustadz abu bakar baasyir? yg mana beliau mendukung ISIS (sekarang IS) dan juga telah berbaiat kpd Amiriul Mukminin Abu Bakar Albaghdadi. apakah beliau juga telah menyimpang?

  41. buchtm berkata:

    ABB benar…mau meluruskan Nilai Islam yang sebenarnya / senestinya. Yang lain2nya justru membelokkan nilai islam. Tapi ABB difitnah terorislah, membingungkanlah, dll karena memang sudah sesat. Islamnya Islam sesat dan menyesatkan ummat…. Go ABB …

  42. Anonim berkata:

    Orang islam itu nurut quran,yg tdk nurut quran bukan orang islam…beriman lah kpd allah dan rosulnya dan ingkari thagut

  43. Anonim berkata:

    ustadz abu sosok ulama yang berkeimanan yg sangat tinggu menganut apa yg ada dlm al qur’an dan sunnahNYA….saya salut sama beliau jarang ada ustadz seperti beliau di zaman sekarang .adanya ustadz mata duitan skrg…

  44. Aries Fachrudin berkata:

    Logika aja….
    PENCIPTA bikin ALAM dan AGAMA.
    Jadi mana ada idiologi dan perundangan yang lebi HEBAT dari buatanNYA….
    itu pola pikir sederhana aja…
    ISLAM sekarang di buat citranya jadi jahat…
    ULAMA skrg seperti ULAMA PESANAN!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: