Kemenangan ISLAM

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Ada orang brtanya: “Apakah Islam menjanjikan kemenangan bg Ummatnya?”

Maka jawabnya: Ya benar! Tidak ada keraguan! Janji kemenangan ini diprasastikan dlm ayat Al Qur’an:

Huwalladzi arsala rasulahu bil huda wa dinil haqqi li yuzh-hirahu ‘alad dini kullihi, wa kafa billahi syahida

(Dialah Allah yang mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar, agar Dia menangkan -Rasul & agamanya- atas segala agama; dan atas perkara ini cukuplah Allah jadi saksinya). Surat Al Fath: 28.

Kemenangan Tak Mesti Bermakna Politik

Kemenangan Tak Mesti Bermakna Kekuasaan Politik

Dengan redaksi yang mirip, ayat serupa disebut dlm Surat At Taubah dan Ash Shaff. (Seolah brmakna, untuk mencapai Al Fath, kita harus At Taubah dulu, lalu merapikan Ash Shaff).

Ini adalah dalil universal tentang kemenangan Islam “alad dini kullihi” (atas segala agama, ideologi, isme, teologi, doktrin, dan seterusnya).

KEMUDIAN datang pertanyaan berikutnya: “Jika Islam memang dijanjikan kemenangan, mengapa kondisi Ummat Islam saat ini terpuruk, lemah, terpecah belah? Mana bukti janji kemenangan itu?”

JAWABNYA sebagai berikut:

Manusia sering membatasi makna kemenangan dalam arti kekuasaan politik; padahal tidak smata itu. Bila kemenangan hanya brmakna politik, maka tabiat kekuasaan itu sifatnya turun-naik, jatuh-bangun.

Betapa TIDAK BERSYUKUR-nya kita jika memaknai nikmat kemenangan sebatas kekuasaan politik saja.

Saudaraku, apa yang Allah janjikan dalam Kitab-Nya adalah benar. Kemenangan bahkan berlaku di segala zaman dan tempat. Namun makna kemenangan itu luas, SELUAS bidang-bidang kehidupan manusia sendri.

Maka kemenangan agama ini Allah tampakkan dalam nilai-nilai keunggulan, seperti: Ketinggian ilmu keislaman, kejelasan konsepsi Tauhid, kemuliaan akhlak kaum Muslimin, kesucian konsep moral Islam, keadilan Syariat, kesatuan dan persaudaraan Ummat dalam satu ikatan, ketinggian peradaban, keunikan simbolnya, keunggulan model keluarga, dan sbgainya. Banyak skali nilai-nilai keunggulan ini, seperti dijelaskan para ulama & cendekiawan Islam.

Smua ini adalah bukti-bukti KETINGGIAN ISLAM. Hal-hal demikian tidak akan kita temukan BERKUMPUL dalam satu agama atau ideologi, selain ISLAM.

Rahasia kemenangan ini dijelaskan dalam Kitabullah: “Ya aiyuhal ladzina amanu udkhulu fis silmi kaaffah” (wahai orang-orang beriman masuklah ke dlm Islam scara kaaffah).

Hakikat Islam Kaffah (integral) inilah yang mengalahkan semua agama-agama. Dan suatu saat, bila waktunya tiba, akan datang momen kemenangan politik untuk menyempurnakan hakikat kemenangan ini. Maka bersyukurlah, bersabarlah, dan tetap istiqamah.

Demikianlah, semoga Allah memberikan berkah, hikmah, & kemuliaan kepada kita. Amin ya Sallam.

(Abah).

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: