Manfaat Kulit Pisang

Kita bahas tentang manfaat praktis kulit pisang. Ya kulit pisang, yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebenarnya, kulit pisang banyak manfaatnya. Ada yang dipakai sebagai bahan membuat “nata de banana”, ada yang dipakai eksperimen pengganti “material batere”, bahkan kulit pisang sekedar sebagai makanan kambing.

Tip Sederhana Tapi Bermanfaat

Tip Sederhana Tapi Bermanfaat

Kulit pisang bermanfaat juga untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian dalam kulit pisang digosok-gosokkan ke kulit, terutama kulit kaki (betis). Biarkan kering sendiri. Nanti setelah agak lama dicuci kembali.

Kulit pisang di sini bermanfaat mengangkat kotoran dan menghaluskan permukaan kulit. Insya Allah.

Manfaat lain yang sering kami coba, ialah untuk MEMBERSIHKAN TANGAN, BIBIR, MULUT setelah kita makan daging, ikan, atau makanan berlemak tinggi dan berbau anyir (amis).

Caranya sederhana…

Setelah makan yang berlemak, biasanya kan tersebar bau anyir di sekitaran mulut, juga di telapak tangan (kalau makannya pakai tangan langsung). Nah, daerah-daerah yang terkena sisa lemak itu digosok-gosok dengan bagian dalam kulit pisang. Hanya begitu saja.

Setelah digosok akan terasa basah. Tapi ini sebentar. Kemudian akan kering lagi. Insya Allah meskipun digosok kulit pisang, tidak menimbulkan kotor di tangan atau mulut.  Tentu saat menggosoknya jangan terlihat di depan umum, nanti dikira akan “bersaing” dengan kambing.
Setelah digosok, biarkan kering sendiri. Kira-kira 5 menit sudah kering. Nah, saat itu akan terasa guna dari kulit pisang ini.
Selama ini ada teori, bahwa air lemon bisa jadi solusi mengatasi sisa-sisa lemak yang menempel. Memang benar, tapi pisang juga bisa.Tidak salah kalau pisang disebut sebagai buah “pencuci mulut”, karena memang punya guna membersihkan, secara alami.

Oke, boleh dicoba di rumah. Kalau ada masalah-masalah, segera hubungi “dokter terdekat”. Hie hie hie.

Semoga manfaat ya. Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: