Ustadz Mau Tanya…

(Sebuah ilustrasi fiktif).

Seorang pemuda mengajukan pertanyaan di sebuah majelis taklim:

“Ustadz, maaf mau tanya. Saya butuh nasehat unt masalah pelik ini.

Begini Ustadz, sejak 2 tahun terakhir saya rutin shalat malam. Biasanya, setelah itu sy baca Al Qur’an, minimal satu juz. Kadang kalo tidak lupa, siangnya shalat dhuha.

Lebih Tersembunyi Lebih Baik

Lebih Tersembunyi Lebih Baik

Sesekali saya puasa Sunnah. Kalau bukan Senin Kamis, ya Shaum Dawud. Hanya itu. Tapi jarang sih Senin-Kamis. Dengan puasa sunnah, usaha saya lancar, belajar dimudahkan, rezeki mengalir. Biasanya saya berbuka bersama anak-anak yatim di sekitar rumah. Saya yang sediakan hidangannya.

Ketika saat Umrah, amal-amal ini juga saya lakukan. Malahan karena khawatir tidak sempurna, saya rutin sedekah 10 % dari gaji. Saya juga berniat bantu madrasah untuk bakti ke orangtua.

Nah, itu sedikit pengalaman saya selama ini. Sangat sedikit dibanding yg saya lakukan secara sembunyi-sembunyi.

Pertanyaan saya adalah: bagaimana hukumnya ketika kita berdzikir sambil menangis? Ini penting karena saya sering berhadapan dg masalah seperti itu.

Atas jawabannya, saya ucapkan terimakasih Ustadz. Mohon dijawab dengan bening hati.”

========

* Kita kadang kegatelan untuk mendapat pujian atas amal-amal yang kita lakukan. Caranya tidak mesti mengklaim telah beramal ini dan itu; tapi seringkali -terutama melalui media sosial- dengan melakukan promo amalan secara halus. Intinya sih ingin pamer amalan, tapi dengan cara hebat.

* Hal-hal seperti itu harus dihindari. Karena hakikat amal kita adalah untuk Allah SWT. Lebih sunyi, lebih halus, lebih tertutup dalam beramal; itu lebih baik. Jangan tergoda untuk ekspose amalan yang membuat amalan itu sendiri menjadi percuma, alias sia-sia.

* “Wa maa umiru illa liya’budullaha mukhlishina lahud dini hunafa” (dan tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengibadahi Allah dengan ikhlas, dalam beragama kepada-Nya, secara lurus). Surat Al Baiyinah.

Admin.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: