Lembutnya Hati Yusuf As

* (Yusuf berkata): “Yang demikian itu agar dia -al Aziz- mengetahui bahwa sesungguhnya aku tidak berkhianat kepadanya di belakangnya; dan bahwasanya Allah tidak meridhai tipu-daya orang-orang yang berkhianat.” (Surat Yusuf: 52).

* KISAH: Nabi Yusuf As sebelum dikeluarkan dari penjara, meminta terlebih dulu masalah fitnah wanita (Zulaikha) dijernihkan dulu. Kemudian, alhamdulillah masalah itu benar-benar dijernihkan, sebagaimana permintaan Yusuf. Bahkan sang wanita mengaku secara jujur telah menggoda Yusuf, di depan Raja (Surat Yusuf 51). Dengan demikian, masalah clear.

Kelembutan Hati Seorang Nabi

Kelembutan Hati Seorang Nabi

* JALAN pembebasan sudah di depan mata; tapi Yusuf As minta masalahnya dibereskan. Alasannya, dia ingin meyakinkan mantan majikannya; seorang pejabat tinggi yang dalam Kitab disebut al-Aziz; bahwa dia tak pernah berkhianat dengan mengganggu istrinya, selama tinggal di rumahnya.

* PADAHAL ketika pecah kejadian fitnah wanita itu, sang al-Aziz sudah tahu siapa yang benar dan siapa yang salah. Bahkan dia pun menasehati istrinya. (Surat Yusuf: 28-29). Hanya karena dendam isterinya, akibat permintaan dia kepada Yusuf tak dipenuhi, maka dengan kekuatan jabatan, Yusuf pun dipenjara.

* Nabi Yusuf As menebus KEBEBASAN-nya dengan permintaan klarifikasi atas masalah “fitnah wanita” yang menimpanya. Apa artinya? Berarti selama bertahun-tahun dia dipenjara, dia selalu GELISAH; khawatir majikannya telah menuduhnya khianat.

* Apa yang Anda saksikan ini? Inilah KELEMBUTAN HATI dan SOPAN-SANTUN yang TINGGI. Subhanallah.

Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin.

(WeAre).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: