Karakter Kaum Nusantara

* Nusa itu pulau. Antara ya antara. Maksudnya negeri yang penduduknya tinggal di gugusan pulau-pulau. Sama seperti Britania, Jepang, Filipina, dan lainnya.

* Setelah puluhan tahun terlibat dalam aktivitas sosial (berhubungan dg masyarakat), sedikit banyak kami dapat MEMBACA KARAKTER masyarakat negeri kita ini.

* Sebenarnya, secara teori kita sudah diberitahu tentang KARAKTER itu. Tapi di lapangan sering tidak cocok dg kenyataan.

* Di sini kami ingin berbagi. Semoga tulisan sederhana ini bisa memberi manfaat. Amin.

Berikut karakter khas ORANG NUSANTARA:

#1 SANGAT RAMAH DAN SOPAN. Ya ini karakter khas. Diakui semua kalangan. Termasuk keunggulan bangsa kita.

#2 HIDUP SECARA EMOSIONAL BUKAN ILMIAH. Emosional maksudnya, menuruti “apa yang enak di hati”. Soal baik atau buruk, itu nanti. Yang penting “enak di gue”. Sulit membangun karakter ilmiah. Beda dg umumnya bangsa Eropa. Kita bisa lama-lama dijajah, karena sikap ini.

Memahami Karakter Nusantara

Memahami Karakter Nusantara

#3 KURANG BERNYALI. Atau penakut menghadapi risiko. Beda dg orang2 Arab yang pemberani dan militan. Coba lihat, kalau ada gerakan perubahan, yang terlibat hanya mahasiswa saja. Itu pun biasanya yang IPK di bawah 2.

#4 LOYALITAS KURANG. Sekalipun ke kawan sendiri, atau kerabat sendiri, kurang loyal. Beda dengan orang China. Mereka loyal ke sesamanya. Kadang antar sesama malah menjatuhkan.

#5 KURANG PERCAYA DIRI. Ini masalah akut. Faktor fisik jadi alasan minder. Padahal orang China, Jepang, Korea, Mongol, Afrika Tengah, dengan kondisi lebih prihatin tetap percaya diri.

#6 BERJIWA RELIJIUS. Ini kelebihan dan keutamaan. Sejahat-jahatnya orang Nusantara, tetap ada insyafnya. Bila sudah nikah, bila sudah sepuh, timbul keinsyafan.

* Ada plus dan minusnya.

* Dari sini kami rekomendasikan beberapa hal:

a. Jangan terlalu menuntut ke masyarakat, nanti kita lelah sendiri; b. Berikan sesuatu yg nyata, bukan hanya teori; c. Jangan biarkan masyarakat ambil sikap sendiri, tapi harus diberi TELADAN BAIK; d. Terus menerus galakkan PEMBERDAYAAN, karena ia bisa perbaiki kelemahan; e. Manfaatkan kelebihan karakter untuk mencapai kemuliaan hidup di AKHIRAT (melalui dakwah).

Demikian, smoga manfaat. Mohon maaf atas smua kesalahan. Terimakasih.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: