KASIH SAYANG ORANG MUKMIN…

Allah SWT berkata dalam Kitab-Nya: “Innal ladzina amanuu wa ‘amilus sholihaati sayaj’aluhumur rohmaanu wudda” (sesungguhnya orang-orang beriman dan beramal saleh, maka Allah akan jadikan atas mereka sifat cinta kasih). MARYAM: 96.
.
As Sa’diy rahimahullah berkata: “Ini adalah nikmat terhadap hamba-hamba-Nya yang mengumpulkan antara iman dan amal saleh, bahwa akan Dia jadikan atas mereka CINTA; yaitu, cinta dalam hati kekasih-kekasih-Nya, dari penduduk langit dan bumi. Karena itu pula mereka berolah kebaikan, doa, petunjuk, pengabulan, bahkan kepemimpinan. Ketika Allah jadikan atas mereka kasih sayang, karena mereka mencintai-Nya, maka Dia jadikan para kekasih-Nya mencintai mereka.”

Iman Menumbuhkan CINTA

Iman Menumbuhkan CINTA

.
[1]. Keimanan dan amal saleh, akan menumbuhkan sifat kasih sayang di dada kita.
.
[2]. Nabi Saw dan para Shahabat Ra adalah bukti yang memiliki sifat ini. “Muhammad Rasul Allah, dan orang-orang yang bersamanya -para Shahabat Ra- sangat tegas kepada orang-orang kufar, dan sangat belas kasih di antara mereka -orang orang Mukmin-.” (AL FATH: 29).
.
[3]. Sifat ini pula yang tumbuh di antara pengikut Isa As. “Dan Kami iringkan dengan Isa putra Maryam As, dan Kami berikan kepadanya Injil. Dan Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya sikap santun dan belas kasih.” (AL HADIID: 27).
.
[4]. Bahkan sifat kasih sayang itu bersifat UNIVERSAL, berlaku di segala zaman kehidupan. “Wahai orang-orang beriman, siapa yang murtad di antara kalian dari agamanya (Tauhid), maka Allah akan datangkan suatu kaum yang Dia mencintai mereka dan mereka mencintai-Nya; mereka berlaku lemah-lembut kepada orang Mukmin dan tegas kepada orang-orang kafir.” (AL MAA’IDAH: 54).
.
[5]. Bagaimanapun juga, kasih sayang ini adalah bersumber dari RAHMAT (kasih sayang) Allah SWT. “Fa bi maa rohmatin minallohi linta lahum” (maka atas sebab rahmat Allah jua, engkau bersikap lembut kepada mereka). ALI IMRAN: 159.

BEBERAPA FAIDAH PENTING:

* Iman dan amal saleh akan menumbuhkan sikap KASIH SAYANG. Kalau makin berilmu dan beramal, ternyata tambah BERINGAS, KASAR, BURUK ADAB. Nah, berarti ada masalah di sana.
* Orang-orang Khawarij dijauhkan dari nikmat kasih sayang ini. Nas’alullah al ‘afiyah.
* Wajib atas kita MENCINTAI SESAMA MUSLIM, sebagai konsekuensi IMAN. Caranya: Berbaik sangka padanya, menjaga amanatnya, menutupi aib-aibnya, memaafkan yang bersalah, mengutamakan persaudaraan, memenuhi hak-haknya, menjaga lisan, dan lain-lain.
.
Demikian, semoga bermanfaat. Amin.

(JoinNow).

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: