Ciri Khas Aliran Sesat

Aliran sesat itu macam-macam ya. Tingkah polah dan lakunya, bermacam rupa dan bentuk.
.
Aliran sesat ada yang terang-terangan. Ada yang malu-malu. Ada yang “gak ngerasa”; seolah aliran lurus, padahal hakikatnya sesat.
.
TAPI ada SATU CIRI KHAS aliran sesat yang mesti ada, harus, atau wajib. Semua aliran sesat punya ciri ini. Kalau ciri ini tak ada, besar peluang suatu aliran menuju JALAN LURUS.
.
Apa ciri khas tersebut?
.
MUDAH SAJA. Kalau suatu aliran, pengajian, majelis meyakini DIRINYA AHLI SORGA, dan semua orang di luar kelompoknya SESAT. Nah, itu ciri khas aliran sesat.
.
DASAR TELAAHNYA begini. Suatu kaum meyakini dirinya AHLI SORGA, berarti itu KESOMBONGAN. Dan kesombongan tidak akan masuk sorga. Kesombongan identik dengan manhaj IBLIS.
.
SUDAH begitu, memvonis orang di luar kelompoknya sebagai sesat, itu adalah MEMATAHKAN TONGKAT AL JAMAAH. Itu sama dengan menghancurkan PERSAUDARAAN UNIVERSAL kaum Muslimin. Ini sangat berat. “Innamal mukminuna ikhwah” (bahwa orang-orang beriman itu bersaudara). Mematahkan persaudaraan Islam sama dengan MERUSAK PRINSIP AGAMA.
.
Lebih baik kita mendapat ilmu sedikit & berkah; daripada mendapat ilmu segunung, tapi HATI DIAJARI KESOMBONGAN DAN MEMBENCI SESAMA MUSLIM.
.
Di mana saja Anda diajari untuk MEMUSUHI KAUM MUSLIMIN, tinggalkan itu. Wallahi, di sana dada-dada kita akan menjadi sumpek dan sesak, setelah Allah meluaskannya.
.
Nas’alullah al ‘afiyah fid dini wad dunya wal akhirah. Amin.

(Mine).

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: