PEMBACA MENULIS

Agustus 27, 2014

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh. Pembaca budiman yang kami cintai…

FaceDalam rangka menghemat energi dan tetap menyediakan ruang diskusi terbuka; serta menghindari diskusi yang “tidak beradab”; kami sengaja menyediakan forum dialog khusus di laman PEMBACA MENULIS ini.

Silakan bila Anda punya komentar, pertanyaan, kritik, masukan, dan sebagainya; silakan ditulis di sini. Tinggal disebut saja judul atau tema artikel apa yang ingin dituju. Akan lebih baik jika Anda selalu gunakan klik kanan dan “open link in new tab” agar tidak putus koneksi pembahasan.

Seperti biasa, tulislah setiap sesuatu dengan sopan dan beradab. Untuk ruang diskusi yang masih ada bersama artikel, masih bisa dipergunakan. Mohon maaf atas semua keterbatasan kami ya.

Terimakasih. Jazakumullah khairan katsira.

(Admin Blog).


Sebuah Lingkaran Setan

September 22, 2014
Semoga ALLAH Memberikan Taufiq agar Lingkaran Setan Terputus

Semoga ALLAH Memberikan Taufiq agar Lingkaran Setan Terputus

*)  Lingkaran setan ialah suatu lingkaran sebab-akibat yang terus berputar dalam kezhaliman, tidak ada habisnya. Satu proses akan menjadi sebab bagi proses berikutnya, sampai proses terakhir akan menjadi sebab bagi proses paling awal.

*)  Orang sering menyebutnya “lingkaran setan” atau “satanic circle”. Ini lingkaran proses dalam kejahatan, kezhaliman, penindasan.

*)  Di dunia ini ada tiga jenis negara: negara penjajah, negara terjajah atau mantan terjajah, negara merdeka (tak pernah dijajah).

*)  Setiap negara penjajah pasti ingin terus melestarikan regim penjajahan, karena itu menguntungkan buat mereka. Seperti preman, mafia, atau tukang parkir liar yang tak mau “kehilangan sumber mata pencaharian”.

*)  Negara penjajah pasti selalu mencari metode, rumus, strategi untuk melanjutkan penjajah, karena mereka tahu pasti bahwa “menjajah itu enak”. Katanya.

*)  Lalu apa yang disebut lingkaran setan di sini?

*)  Ia adalah lingkaran: PENJAJAHAN — KEMISKINAN — PENGKHIANATAN. Ketiga faktor ini merupakan lingkaran setan.

*)  Penjajahan menimbulkan kemiskinan bagi rakyat negara yang dijajah; kemiskinan menyebabkan banyak warga negara terjajah memilih jadi pengkhianat, melayani nafsu para penjajah. Alasan mereka: “Guwa sudah bosan jadi orang miskin. Daripada miskin, lebih baik mati saja.” Katanya begitu. Lalu, dari pengkhianatan-pengkhianatan ini berakibat lestarinya penjajahan, tidak putus-putusnya, dan forever forever ever ever ever…to be continued terus penjajahannya.

*)  Inilah dia lingkaran setan atau lingkaran kezhaliman itu. Penjajahan menimbulkan kemiskinan; kemiskinan menimbulkan pengkhianatan anak bangsa; pengkhianatan melestarikan penjajahan selamanya.

*)  Bagaimana caranya agar semua ini berubah?

*)  Mari kita memohon kepada Allah Ta’ala agar Dia yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana mematahkan lingkaran setan ini. Kalau kekuatan kita sendiri, sangatlah terbatas. Hanya Allah yang mampu membebaskan bangsa dari kezhaliman.

*)  Minimal, janganlah menjadi unsur yang memperpanjang usia lingkaran setan itu.

*)  Iya gak sih? Semoga Allah memberi taufik kepada kita untuk menempuh yang diridhai-Nya. Amin.

(Khami).


Departemen Agama Identik dengan Ketuhanan Yang Maha Esa

September 18, 2014

***   Terdengar isu tentang pembubaran Departemen Agama, lalu diganti Kementrian Haji, Wakaf, dan Zakat. Tentu saja isu ini menjadi perhatian besar masyarakat Indonesia, khususnya Ummat Islam.

***  Tidak ada alasan untuk membubarkan Departemen Agama, karena adanya departemen ini menjadi bukti nyata bahwa negara merupakan negara beragama, bukan negara ateis atau anti agama.

Sebuah Langkah Menuju Menghapus Pancasila

Sebuah Langkah Menuju Menghapus Pancasila

***  Ide membubarkan Departemen Agama jelas-jelas melanggar sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila ini merupakan dalil yang mutlak bahwa negara kita menghormati agama, mengayomi agama, dan mengembangkan kehidupan agama.

***  Kalau ada kemauan membubarkan Departemen Agama, berarti ingin menghapus Pancasila dong? Bagaimana bisa hal itu terjadi?

***  Ya mula-mula dibubarkan dulu Departemen Agama; nanti kalau masyarakat sudah terbiasa dengan hilangnya Departemen Agama, baru Pancasila akan digusur, diganti Trisila atau Ekasila (Gotong-royong). Gerakan semacam ini kan menuju ke arah sana.

***  Lalu ada yang bilang: “Tapi kan masih ada Kementrian Haji, Wakaf, dan Zakat? Itu kan tandanya kehidupan agama masih dijamin dan didukung oleh negara.”

***  Kami jawab: “Ya, untuk tahap awal-awal masih ada yang mengurusi urusan agama, seperti Haji-Wakaf-Zakat itu, tapi lama kelamaan kan akan terus dikurangi sampai tidak ada perhatian sama sekali soal agama. Iya kan. Tujuannya ke arah sana kan?”

***  Tidak mungkinlah untuk membubarkan Departemen Agama ini dilakukan secara frontal, pastilah secara bertahap, sedikit demi sedikit, sampai ujungnya nanti: terhapus kehidupan beragama di negeri ini. Na’udzubillah wa na’udzubillah min dzalik.

***  Bahwa selama ini Depag RI memberikan porsi perhatian besar kepada Ummat Islam, itu wajar. Wong memang jumlah Ummat Islam mayoritas di negeri ini. Kalau RRC beri perhatian besar ke ideologi komunis/marxis, Amerika beri perhatian kepada Kristen, Itali beri perhatian besar ke Katholik; itu wajar sesuai azas proporsionalitas.

***  Janganlah begitu. Ide membubarkan Departemen Agama itu identik dengan membubarkan kehidupan beragama di negeri ini. Hal-hal semacam ini rawan konflik. Yakinlah, ada eskalasi konflik besar jika bermain-main dalam hal sensitif seperti itu.

Nas’alullah al ‘afiyah.

(Weare).


Selamat Jalan Ustadz Hassan Aboud….

September 11, 2014

Bismillahirrahmaanirrahiim

Dari hati yang tulus dan mendalam kami ucapkan: Selamat jalan kafilah para pejuang Islam, Ustadz Hasan Aboud, Syaikh Abu Abdul Malik Asy Syar’i, dan para kesatria yang gugur di Idlib baru-baru ini.

Sulit mengucap apa yang mesti diucap. Perjuangan memang timbul-tenggelam; gugur lalu tumbuh lagi; silih berganti antara kemenangan dan kekalahan mendera. Namun betapa dukanya sekedar tuk merangkai kata-kata sederhana, melepas kepergian kalian semua -rahimakumullah-.

Kalian-lah manusia pilihan, para kesatria, yang mencintai TAUHID dan menjunjung tinggi SYARIAT NABAWIYAH.

Duka Cita 9 September 2014

Duka Cita 9 September 2014

Kalian berdiri terdepan menolong Ummat yang teraniaya, tertindas oleh angkara dan kesempitan jiwa.

Kalian putra-putra terbaik yang menegakkan kembali IZZAH bangsa Syam yang nyaris ambruk karena ditelan monster kesesatan dan materialisme. Kalian ingatkan dunia, bahwa negeri Syam adalah benteng Ummat.

Kalian putra-putra negeri Syam, yang mengingatkan kami semua pada perjuangan para pendahulu, Ustadz Marwan Hadid dan ribuan para pejuang lainnya -rahimahumullah jami’an-.

Kalian-lah manusia-manusia penyabar, yang berdiri pertengahan di antara paham KHAWARIJ dan IRJA’. Tidak bermudah mengkafirkan Ummat, sebagaimana tidak memejamkan mata peremehkan hukum Syariat dalam kehidupan negara.

Kalian-lah para pejuang yang berlaku sabar dan tabah, meskipun terus dirongrong oleh kaum ghuluw.

Terlalu berat wahai saudara, terlalu berat wahai sahabat, mengenangi kepergian yang terlalu cepat ini. Rasanya Ummat ini masih ingin terus melihat kegagahan dan sikap keperwiraan kalian, yang sulit dicari bandingannya.

Namun apa daya, takdir Ar Rahmaan Ar Rahiim berkehendak lain. Kami tak kuasa sebagai hamba tuk mencegah ketetapan-Nya.

Kami bergembira atas kemenangan putra-putra Syam yang lain di negeri Baitul Maqdis, namun kami berduka atas kepergian yang berat ini. Ya Allah ajirna ‘ala mushibati hadzihi, wa ajir li ahlihim wa lil Ummati jami’an.

Sebagai manusia biasa kami menyukai hidupmu, wahai para pejuang. Namun Sang Pemilik hidup dan kematian, lebih menyukai kalian hidup di sisi-Nya di bawah naungan restu dan cinta-Nya.

Selamat jalan Ustadz Hassan Aboud dan para ikhwah pejuang Islam. Ja’alakumullah minas syuhada’i wa shalihin wa hasuna ulaika rafiqa. Amin amin Allahumma Tabaraka wa Ta’ala amin.

Setiap kebaikan mesti disyukuri; dan setiap kekurangan menjadi bahan introspeksi untuk menata lebih baik.

Sekali lagi, selamat jalan para pejuang Ummat! Sampaikan salam kami “assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh” kepada penghulu para pejuang agama ini, shallallah ‘alaihi wa sallam.

(Al Faqir ila Rahmatillah).


Rahasia Wanita Salihah

September 8, 2014

Bismillahirrahmaanirrahiim

Kumulai dg sbuah pertanyaan: “Apa sejatinya yang paling disukai oleh kaum laki-laki dari diri wanita?”

Orang pun menjawab:

CANTIK WAJAH-nya, SEKSI TUBUH-nya, TINGGI POSTUR-nya, PANJANG RAMBUT-nya, MENGGODA SUARA-nya, TERBUKA AURAT-nya, GANAS SIKAP-nya, RAME MAKE-UP nya, MODIS PAKAIAN-nya, BRANDED AKSESORIS-nya. Dan lain-lain.

Dalam Dirinya Tersembunyi Barokah Melimpah

Dalam Dirinya Tersembunyi Barokah Melimpah


Pertanyaan berikutnya: “Setelah ada hal-hal itu, apa yang bisa didapat kaum laki-laki dari wanita tersebut?”

Orang pun menjawab:

* Ya sedap dipandang. Kita jadi nafsu kalau melihat wanita begitu.

* Kita merasa ada gengsi, bangga, keren, karena wanita kita dipuji-puji banyak laki-laki (yg mata keranjang).

* Kalau brcinta dg wanita begitu, dijamin puas, puas, dan terus puas.

* Wanita begitu tidak bosenin, tampak seger, mata kita jernih terus. Dan lain-lain.

JIKA demikian jawabannya, berarti TIDAK ADA TEMPAT dong bagi wanita-wanita salihah yang menutup aurat, santun, menjaga kehormatan, menjaga penampilan, dan menjauhi EKSPOSE DIRI di hadapan publik?

Benarkah bahwa wanita seksi-seksi, cantik, bahenol, pamer aurat, binal bisa MEMBAWA BAHAGIA CINTA bagi laki-laki?

Saya tidak percaya itu. NONSENSE. Yang bisa diberikan oleh wanita-wanita itu hanyalah NIKMAT INSTAN. Laki-laki bisa seneng-seneng dg mereka 10-15 menit; lalu “say good bye“.

Ya sensasi apa yg akan didapat dari birahi fisik doang ini? Tak ubahnya spt makhluk lain berkembang biak. Ada fisik-fisikan, kmudian sirna. Tak lebih.

FAKTA… Angelina Jolie dan Brad Pitt brtahun-tahun jadi pasangan kekasih. Baru kemarin mereka menikah. Apa yang kurang dari pasangan pesohor itu? Kalau mereka bahagia, mengapa baru kemarin menikah? Sebegitu takutnya mereka sampai begitu lama menunda pernikahan.

Adakah di antara Anda, laki-laki atau wanita, yang merasa lebih hebat dari pasangan itu? Secantik apa Anda dibandingkan Jolie?

Di sinilah saudaraku, kami ceritakan RAHASIA para wanita Salihah.

Mereka itu diberi cinta yang banyak. Diberi kasih yang luas. Diberi rasa malu, kehormatan, kesyukuran di hati. Mereka diberi barokah besar di balik jilbab, hijab, dan akhlaqnya.

Jilbabnya, tampak usang. Gayanya, tampak kuno. Perilakunya, spt orang kampung. Kesopanannya membuat org tidak sabar. Harga dirinya, terkesan berlebihan.

TAPI di balik smua itu, mereka punya segunung cinta, punya lautan kesetiaan, punya kehangatan asli, punya akhlak terpuji, punya semangat maju; punya kecerdasan pilihan.

Lho, kok bisa begitu? Ini benar atau cuma ngibul?

Ini benar saudaraku. Sungguh benar. Tiada dusta.

Alasannya adalah ayat ini: “Bi yadikal khair, innaka ‘ala kulli syai’in qodiir” (di Tangan-MU -ya Allah- sgala hakikat kebaikan, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas sgala sesuatu).

Kmudian ayat ini: “Wallahu laa yahdil qaumal fasiqin” (dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik).

Jadi yg menentukan HEBAT-TIDAKNYA wanita, bukanlah penampilan, keseksian, ketelanjangan, kebinalan mereka; tapi sejauhmana wanita-wanita itu BAIK di Mata Allah Ta’ala? Kalau baik, Allah akan limpahkan lautan nikmat kepadanya. Kalau tidak baik, Allah akan menahan banyak karunia baginya.

Wanita-wanita SALIHAH di matamu seperti kampungan, ndeso, mati gaya. Padahal di diri mereka terdapat BAROKAH yang melimpah.

Sdangkan wanita-wanita CANTIK-SEKSI-MODIS yang banyak ditemui di mana-mana…mereka hanya sebatas PAJANGAN belaka. Tak banyak kebaikan yg bisa diharapkan di sana.

Smoga tulisan kecil ini brmanfaat. Maaf kalau terlalu brterus terang. Maaf kalau menyinggung perasaan. Terima kasih.

<<< Jangan Kau Takut Kehilangan Pesona di Mata Manusia! Takutlah Jika Dirimu Kehilangan BAROKAH Melimpah! >>>


Manajemen Makan Berat

September 8, 2014
Makan Siang Jangan Ditinggalkan

Makan Siang Jangan Ditinggalkan

Sedikit berbagi tentang cara mengatur makan berat. Makan berat, ya makan nasi, lauk-pauk, sayur, dan lainnya. Dikenal sbg makan pagi (sarapan), makan siang, makan malam.

Ini ada bebarapa kiat boleh dicoba:

[1]. Lebih baik kita dahulukan makan buah sbelum makan nasi, bukan sebaliknya. Zat-zat mineral pada buah cepat dicerna; sdangkan nasi, lauk, sayur lebih lambat dicerna. Kalau makan nasi dulu, nanti buah-buahan yg belakangan masuk perut jadi “membusuk”. Maksudnya, orisinalitas gizinya jadi hilang/berkurang.

[2]. Buah-buahan bisa menjadi pengganti makan berat, bila nasi dan lain-lain tdk ada. Pilih buah yg netral keasamannya & tdk terlalu manis. Buah asam khawatir tdk cocok dg penderita magh. Buah trlalu manis tdk cocok bg penderita diabet. Contoh, pepaya, melon, blewah, alpukat, pisang, korma. Bayangkan, dengan makan dua potong pepaya matang 75%, ukuran telapak tangan org dewasa, Anda sdh kekenyangan.

[3]. Korma bisa jadi persediaan makan berat yg sewaktu-waktu bisa dikonsumsi. Bisa disimpan di kulkas. Tapi pilih korma yg bagus, spt merk “Tunisia Dates”. Kalau korma curah, apalagi sudah basah, kulit mengelupas, biasanya kurang bagus.

[4]. Untuk sarapan pagi, tak usah banyak-banyak, apalagi kekenyangan. Sekedar untuk “mengisi perut” saja, biar tidak kosong. Kalau kosong, slain akan lemas, khawatir magh. Kalau kepenuhan, nanti akan ngantuk, tidak fokus dlm aktivitas.

[5]. Pada keluarga modern kadang sarapan dg dua lembar roti tawar, selai, dan susu. Kami sarankan, jangan sarapan dg roti tawar atau biskuit; karena smua itu dibuat dg pengembang (ragi roti). Hal ini bisa sebabkan sakit perut. Coba Anda lakukan di rumah, buat adonan terigu tanpa ragi. Hanya dicampur air, gula, atau garam (unt rasa). Lalu masak dg minyak sdikit, atau mentega, atau tanpa minyak sama skali. Roti begini baik unt sarapan, tdk menyebabkan sakit perut; karena tdk pake ragi.

[6]. Makan siang harus dilakukan. Jangan ditinggal, kcuali saat puasa. Inilah sumber nutrisi kita sbenarnya. Makan siang, jangan diganti jajan, bakso, dan lainnya. Harus benar-benar serius. Agak banyak tdk apa-apa, asal jangan over. Smua yg over tdk baik.

[7]. Kalau makan siang masih kurang, silakan ditambah makan sore. Batas waktu kita maksimal jam 5 sore. Boleh makan sore kalau tubuh masih lemas; masih selera makan; dan ada menu-menu istimewa.

[8]. Bagaimana dg makan malam? Kami sarankan, tdk perlu makan malam. Makan malam kalo terpaksa saja; untuk acara-acara formal atau dalam resepsi. Bila mesti makan malam, menu yg ringan-ringan saja spt ikan, tahu tempe, buah, snack, kacang, sayur, susu. Hindari makan padat gula (nasi, coklat, permen, sirup, teh manis, dll) saat malam hari. Mgapa demikian? Karena sbntar lagi kita tidur. Saat tidur dg perut kenyang karbohidrat, tidak bagus. Anda akan cepat gemuk, susah bangun, dan metabolisme tubuh akan brjalan sibuk. Sgat baik saat istrhat malam, organ-organ tubuh kita lebih santai, tdk sibuk skali.

Kata Nabi SAW, umumnya sumber penyakit manusia adalah perutnya. Maka itu kita perlu manajemen mengatur cara makan, agar tidak menjadi sumber penyakit.

Yuk jaga hidup kita dg POLA KONSUMSI YG SEHAT. Bismillah ya. Smoga brmanfaat. Amin.


Manfaat Kulit Pisang

September 8, 2014
Kita bahas tentang manfaat praktis kulit pisang. Ya kulit pisang, yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebenarnya, kulit pisang banyak manfaatnya. Ada yang dipakai sebagai bahan membuat “nata de banana”, ada yang dipakai eksperimen pengganti “material batere”, bahkan kulit pisang sekedar sebagai makanan kambing.

Tip Sederhana Tapi Bermanfaat

Tip Sederhana Tapi Bermanfaat

Kulit pisang bermanfaat juga untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian dalam kulit pisang digosok-gosokkan ke kulit, terutama kulit kaki (betis). Biarkan kering sendiri. Nanti setelah agak lama dicuci kembali.

Kulit pisang di sini bermanfaat mengangkat kotoran dan menghaluskan permukaan kulit. Insya Allah.

Manfaat lain yang sering kami coba, ialah untuk MEMBERSIHKAN TANGAN, BIBIR, MULUT setelah kita makan daging, ikan, atau makanan berlemak tinggi dan berbau anyir (amis).

Caranya sederhana…

Setelah makan yang berlemak, biasanya kan tersebar bau anyir di sekitaran mulut, juga di telapak tangan (kalau makannya pakai tangan langsung). Nah, daerah-daerah yang terkena sisa lemak itu digosok-gosok dengan bagian dalam kulit pisang. Hanya begitu saja.

Setelah digosok akan terasa basah. Tapi ini sebentar. Kemudian akan kering lagi. Insya Allah meskipun digosok kulit pisang, tidak menimbulkan kotor di tangan atau mulut.  Tentu saat menggosoknya jangan terlihat di depan umum, nanti dikira akan “bersaing” dengan kambing.
Setelah digosok, biarkan kering sendiri. Kira-kira 5 menit sudah kering. Nah, saat itu akan terasa guna dari kulit pisang ini.
Selama ini ada teori, bahwa air lemon bisa jadi solusi mengatasi sisa-sisa lemak yang menempel. Memang benar, tapi pisang juga bisa.Tidak salah kalau pisang disebut sebagai buah “pencuci mulut”, karena memang punya guna membersihkan, secara alami.

Oke, boleh dicoba di rumah. Kalau ada masalah-masalah, segera hubungi “dokter terdekat”. Hie hie hie.

Semoga manfaat ya. Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin.


Seputar Mimpi Bertani

September 8, 2014

Sejak kecil saya sangat terkesan dengan dunia pertanian. Maklum di sekitarku dulu kampung petani. Ayah, kakek, paman, rata-rata punya back ground tani.

Di TV (cuma TVRI) ada acara-acara favoritku sepertt: Dari Desa Ke Desa, Membangun Desa, Profil Desa, dan strusnya. Rata-rata acara brtema prtanian. Aku sndiri suka baca buku-buku pertanian, trmasuk majalah Trubus.

Sedikit kenangan…

Makan nasi “paling nikmat” yang pernah kurasakan, adalah makan nasi di tengah sawah; saat siang hari panas; tangan, kaki, badan penuh keringat & lumpur. Meskipun hanya menu ikan asin, tahu, mendol, sayur kol, sambel…masya Allah, nikmatnya luar biasa.

Kenangan di Masa Kecil

Kenangan di Masa Kecil

Pernah di masa kecilku, ada petani mentimun membebaskan kami (anak-anak kecil) unt mengambil mentimunnya. Asal dimakan di tempat, tidak dibawa pulang. Aku merasa sangat girang bahagia, karena biasanya dilarang. Kami seperti kalap, masuk kebun, mengambil mentimun yang paling hebat.

Waktu itu aku putuskan mencari mentimun paling gedhe. “Mumpung lagi era kemerdekaan.” Aku cari-cari mentimun terbesar, hingga dapat yang segedhe bayi. He he he. Memang besar, ujungnya sudah agak menguning.

Tanpa menunggu waktu lama, kumakan mentimun “bayi” itu. Kupikir ini nikmat skali. Ternyata…dagingnya keras dan rasanya masam.

Aku nyengir sndiri. Teman-teman ketawa melihatku. Kata mereka, mentimun sebesar itu untuk BENIH, bukan unt dimakan. “Oo…gitu ya.”

Di waktu lain, ada petani panen cabe merah yang besar-besar. Kami ikut bantu-bantu. Maklum anak kecil tidak makan cabe merah. Namanya anak kecil, kami main-main dengan cabe itu. Aku potong-potong cabe, lalu kugosok-gosokkan ke badan. Teman-teman cuma ketawa saja melihatku.

Saat sore hari, saat Maghrib. Kami duduk-duduk di masjid, menunggu waktu mengaji. Aku duduk sangat gelisah. Mengapa? Karena kulitku berasa panas, perih, pedas. Siang tak terasa, sorenya terasa. Begitu sakitnya, sampai aku menangis.

Sejak itu aku paham sebuah ungkapan: “Jangan maen-maen dengan cabe ya.” Harus pengalaman dulu, sebelum dapat pelajaran. He he he.

Waktu aku mengambil jurusan pertanian saat kuliah, karena memang ingin benar-benar paham TEKNIK BERTANI. Tapi sayang, materi kuliah rata-rata teoritik. Para dosen lebih kelihatan seperti PRIYAYI. Mereka jauh dari mencangkul, takut kena lumpur, ke sawah pake krim tabir surya, tak pernah nyabit rumput.

Sebagian besar mata kuliah mengulang pelajaran Biologi saat SMA dulu. Bayangkan, kami harus menggambar belalang & menghitung ruas kakinya. Kami harus menghafal nama-nama sel daun. Baru semester 7 ada praktek brtani; smester 8 sdh penelitian unt skripsi.

Dunia kuliah sangat tidak memuaskan, untuk mengejar mimpi dunia tani. Tani di mataku berbeda dengan konsep tani di bangku perkuliahan.

Salah satu tokoh petani yang menurutku hebat adalah Prof. Fukuoka, dari Jepang. Beliau pencetus “green revolution”. Beliau perintis pertanian organik, tanpa bahan-bahan kimia.

Demikian sekilas asa di dunia tani. Ada obsesi, tp ada realita. Sabar diri sangat perlu; rela atas pemberian Ilahi. Hidup adalah jalan, tuk brsyukur atas nikmat-Nya.

Rabbuna, jadikan kami ahli syukur; jauhkan dari kufur. Amin.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 153 pengikut lainnya.